The Best Red Velvet Cupcakes (KB#3)


Akhirnya saya bikin juga PR dari Kitchen Blog. Di detik-detik terakhir baru dikumpulkan pula. Diketik di tengah malam buta. Entah kemana saya selama ini.


Ini red velvet percobaan saya yang agak lumayan benar saya bikinnya. Jaman dulu awal-awal baking pernah bikin red velvet juga. Tapi ya red velvet abal-abal gitu. Yang sekarang saya bikin benar-benar red velvet walau warnanya ya ga terlalu "red". Yang saya bikin ini malah berwarna kecoklatan. Mengapa jadi berwarna coklat? Karena saya pakai coklat bubuk elmer yang warnanya agak gelap dan saya pakai pewarna kupu-kupu merah cabe. Saya pun pakai pewarna merahnya agak sungkan. Kebayang kan kalau red velvet saya malah berwarna merah cerah saking banyaknya pewarna yang dipake. Dari referensi yang saya baca, untuk pewarna makanan yang paling bagus untuk red velvet itu keluaran wilton. Tapi.. di Pontianak kan ga ada pewarna merah merk wilton, jadi ya pakai yang ada di rumah saja.

Resep diambil dari bukunya Deborah Harroun - The Red Velvet Lover's Cookbook. Sebenarnya nama judul dari resep ini memang The Best Red Velvet Cupcakes. Bukan saya yang sengaja kasi nama seperti itu. Di buku ini menceritakan bahwa red velvet bisa divariasikan ke banyak cake. Ada pie, kukis, donat, dadar gulung vla, red velvet ala lava cake gitu juga ada. Awalnya mau bikin red velvet donat, tapi saya bayangkan kok kalau saya yang bikin donat berwarna merah, ntar setelah digoreng malah berubah jadi warna coklat. Akhirnya balik lagi ke red velvet klasik yaitu cupcake saja.


Bahan:
2 1/4 cup tepung terigu serba guna (315 gram)
1 sdt garam
1 sdm bubuk coklat (pilih yang tidak berwarna gelap)
1 1/2 cup gula (225 gram, saya pakai 200 gram)
1 cup minyak sayur (236 ml)
2 telur
3 sdm pewarna makanan merah
1 cup buttermilk (236 ml, saya pakai yogurt plain)
1 1/2 sdt vanila
1 sdt cuka
1 sdt baking soda

Cara Membuat:
- Panaskan oven 190 C, siapkan loyang cupcake, alasi dengan papercup.
- Aduk rata terigu, garam, dan bubuk coklat hingga rata.
- Kocok gula dan minyak sayur dengan mixer. Tambahkan telur.satu persatu, kocok selama 30 detik. Tambahkan pewarna makanan, aduk balik dengan spatula.
- Tambahkan bahan kering dan buttermilk ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan vanila, aduk rata. Campur cuka dan baking soda ke dalam mangkuk lain hingga berbusa. Tambahkan ke dalam adonan, aduk rata.
- Isi tiap papercup dengan adonan. Panggang selama 18 menit atau hingga matang . Lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan kue. Keluarkan dari oven, taruh di rak pendingin.
- Apabila cupcake sudah dingin, tambahkan cream cheese frosting.

Cream Cheese Frosting:
12 ounces cream cheese, diamkan di suhu ruang (336 gram)
12 sdm mentega tawar, diamkan di suhu ruang
1 3/4 cup + 1 sdm gula halus (193 gram)
2 sdm sour cream
1/4 sdt vanila

Kocok cream cheese dan mentega di wadah besar hingga ringan. Tambahkan gula halus, kocok hingga tercampur rata. Tambahkan sour cream dan vanila, kocok hingga tercampur rata. Semprotkan di atas cupcake. Cream cheese frosting bisa disimpan di kulkas. Apabila mau digunakan, diamkan di suhu ruang dan kocok kembali sebelum digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar