Kue Lumpur Pisang Keju


Kue lumpur itu ada yang versi kukus, dioven, dan dipanggang langsung di atas kompor. Ini kali pertama saya bikin kue lumpur yang dioven. Seringnya itu bikin kue lumpur yang langsung dipanggang di atas kompor. Kalau kue lumpur yang dikukus saya belum pernah coba, ntar ya kapan-kapan saya bikin kue lumpur yang dikukus.

Kalau menurut resep, harusnya pakai cetakan kue lumpur. Tapi saya uji coba pakai cetakan cupcake berbentuk oval. Biar beda aja. Saya coba dengan dipanaskan cetakan dan tidak dipanaskan. Ternyata hasilnya sama saja. Sama-sama sulit melepaskan kue dari cetakan. Jadi tunggu kue dingin baru tepi cetakan disisik (apa ya bahasa indonesianya... kira-kita tepi cetakan ditusuk kemudian diputar ke sekeliling cetakan) pakai sendok tipis lalu tarik, mirip kita ngelepasin chiffon cake dari loyangnya. Kalau melepaskan kuenya dalam keadaan kue panas, maka kue akan hancur, nempel dicetakan.

Rasanya hmm enak sekali, perpaduan antara kue lumpur dan kue sus. Garing-garing gitu pinggiran kuenya. Kue pun ga terlalu manis, cenderung gurih dari kejunya yang cukup banyak.Karena keju tidak diparut, maka potongan keju ketika digigit betul-betul terasa. Karena keju di dalam adonan sudah banyak, jadi saya tidak menambahkan parutan keju di atasnya.


Resep diambil dari bukunya Dapur Aliza - 25 Macam Kue Indonesia Populer Dari 5 Model Cetakan

Bahan:
100 gram margarin
250 ml air
150 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
100 gram keju cheddar parut (saya potong dadu kurleb 0,5 cm)
1 sdt garam
1/2 sdt vanila bubuk
5 butir telur ayam, kocok (saya kocok dengan whisk)
350 ml santan dari 1 butir kelapa

Cara Membuat:
- Panaskan margarin bersama air, gula pasir, garam, dan vanili. Setelah mendidih, masukkan tepung terigu, aduk rata dan angkat. Masukkan telur kocok, keju parut dan santan ke dalam adonan, aduk hingga menjadi adonan yang kental.
- Olesi cetakan kue lumpur dengan minyak. Panaskan dalam oven. Setelah cetakan panas, tuang adonan 3/4 penuh. Masukkan kembali cetakan ke dalam oven. Panggang setengah matang, tambahkan 2-3 iris pisang dan keju parut. Panggang kembali hingga matang. Angkat.

2 komentar: