Quiche Lorraine


Keren kan namanya? Dibaca kish lorein. Ini pie asin asal Perancis. Saya itu sudah terobsesi untuk membuat quiche lorraine sejak dahulu kala. Lamaa banget pengen dicoba tapi ya ga dicoba-coba karena rasa malas selalu mendera. Sok sibuk lah, ngerasa biknnya ribet lah. Padahal ya ga ribet. Berkali-kali beli bayam untuk dibuat quiche, tapi bayam selalu berakhir dengan sup bening. Berkali-kali beli jamur kaleng, tapi malah bikin yang lain.

Sampai di hari kemaren entah kenapa niat saya sedang membara. Walau sudah jam 9 malam, saya bikin si quiche. Dari bikin kulit pie, iris-iris, bikin isian, panggang, cuci perabotan dapur, leyeh-leyeh, selesai jam 11.30 malam. Matikan oven, buka dikit pintu oven, saya pun tidur. Keesokan paginya saya hangatkan quiche lorraine ini di oven, maksudnya biar dimakan hangat. Masya Allah, saya lupa.... dan baru ingat setengah jam kemudian. Alhasil bagian atas quiche lorraine ini kurang cantik. Agak mencoklat gitu karena kelamaan dipanggang. Soal rasa, oke banget.


Resep saya ambil dari bukunya Ibu Fatmah Bahalwan & Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal. Resep di bawah ini satu resep sesuai dengan buku. Untuk kulit saya bikin 1 resep. Untuk isian banyaknya ga saya takar, intinya isinya sama, ada sosis, jamur, bayam, bawang bombai, dan keju. Untuk custard saya hanya pakai untuk 3 telur dan 300 ml susu cair. Hasil akhir ada 1 cetakan pie diameter 20 cm, dan 6 buah pie mini pakai cetakan cupcake. Kenapa untuk isian ga saya takar sesuai resep? Karena cetakan pie yang saya gunakan rendah, ga bisa untuk menampung semua isian sesuai resep. Jadi ketika kulit pie sudah dibentuk di loyang, saya tata irisan sosis dan jamur kuping selang seling hingga menutupi seluruh dasar pie, kemudian saya tabur dengan bawang bombai yang saya cincang, saya tambahi irisan bayam hingga menutupi semuanya, kasi custard, baru taburi keju.

Bahan kulit:
350 gr tepung terigu protein sedang
200 gr mentega
3 btr kuning telur
100 ml air es (saya hanya gunakan 50 ml)

Bahan isi:
450 gr jamur kaleng, iris halus
100 gr bayam, iris halus
100 gr bawang bombay, iris halus
125 gr keju parut
250 gr sosis, iris tipis

Bahan Custard::
1 liter susu
10 kuning telur
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Cara Membuat:
- Kulit: aduk tepung terigu, kuning telur dan mentega hingga berbutir-butir. Tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni hingga tercampur rata, bulatkan. Giling, cetak dalam cetakan pie yang telah diolesi margarin.
- Custard: aduk semua bahan menjadi satu, saring.
- Isi kulit pie dengan bahan isi. Tuangi adonan custard. Panggang ke dalam oven hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, keluarkan dari cetakan.
- Hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar