Lumpia Semarang

 
Pernah makan lumpia semarang? Saya baru kali ini mencoba lumpia semarang. Menurut wikipedia, lumpia semarang pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Ciri khas dari lumpia semarang adalah rebung. Kalau tanpa rebung, maka bukan lumpia semarang. Karena lumpia semarang ini saya baru tahu kalau ayah kirana rupanya ga suka rebung. Alhasil lumpia semarang yang saya buat jadi kurang laku.

Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah - Camilan Gurih Indonesia. Di resep asli pakai kulit lumpia yang dibuat sendiri, karena saya mau yang praktis, saya pakai kulit lumpia siap pakai. Lumpianya pun saya makan gitu aja tanpa ada tambahan saus apapun.

Bahan:
Untuk kulit:
250 gram tepung terigu
250 cc air
1 putih telur
1 sdt garam

Untuk isi:
1/2 kg rebung, iris halus
250 gram daging ayam giling
50 gram ebi, cuci, haluskan
200 gram udang, kupas, iris halus
6 buah bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
3 batang seledri, iris halus
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt bumbu penyedap rasa
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
Minyak goreng secukupnya

Untuk pelengkap:
Acar mentimun dan cabai rawit
Saus bawang putih: Haluskan 2 siung bawang putih, beri gula pasir, garam, dan cuka secukupnya. Tambahkan sedikit air matang, aduk rata.
Saus manis: Larutkan 2 sdm tepung sagu dengan 150 cc air. Masak di atas api hingga menjadi bubur cair, beri irisan gula merah dan kecap manis, aduk rata.

Cara Membuat:
- Untuk kulit: Campur rata semua bahan. Uleni hingga dapat dipulung. Tempatkan wajan datang di atas kompor dengan api kecil. Olesi dengan minyak, tuang adonan, gerakan dengan 1 gerakan, lalu tarik cepat. Jika pinggirnya telah kering, angkat, tempatkan di atas talenan. Letakkan selembar daun pisang agar tidak melekat.
- Untuk isi: Panaskan 3 sdm minyak di wajan, tumis ebi hingga harum. Masukkan udang dan daging ayam giling, aduk-aduk hingga tidak berair. Angkat. Sisa minyak ditambahkan 2 sdm minyak goreng lagi, gunakan untuk menumis. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan rebung, aduk hingga lemas. Masukkan tumisan daging dan udang, beri kecap, 100 cc kaldu ayam, dan semua bumbu. Masak hingga kering, masukkan seledri, aduk rata.
- Ambil selembar kulit, letakkan 1 sdm adonan isi. Lipat, olesi pinggiran lipatan dengan adonan cair yang terbuat dari terigu dan air agar melekat. Lakukan hingga adonan habis.
- Goreng lumpia hingga matang dan bewarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan pelengkap.

2 komentar:

  1. Rebung biasanya berbau, ada tips ga sih biar ga berbau? Karena ini anak & suami kurang suka :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang khas dari rebung memang baunya mba. Memang baunya kurang enak ya, tapi itu yang bikin kangen. Mirip jengkol, bau tapi banyak yang merindukannya. Suami saya juga ga suka. Kalau saya dan anak sih pemakan segalanya. Hihihi...

      Hapus