Beef Kofta


Beef kofta yang saya bikin ini benar-benar acak adut. Entah mengapa daging cincangnya ada beberapa yang lepas atau patah dari tusukan sate. Permasalahannya ketika dipanggang. Saya menggunakan pemanggang gas yang ada jari-jarinya. Ketika dipanggang, kebanyakan tusukan daging pada lengket di pemanggangnya, kalau pun ga lengket ya patah ketika dibalik. Saran saya, jika mau buat beef kofta yang lebih mudah, gunakan saja teflon anti lengket supaya lebih mudah proses memanggangnya.

Dagi segi rasa tidak mengecewakan, yang mengecewakan hanyalah bentuknya yang kacau. Mungkin juga harusnya pakai tusukan yang lebih besar seperti bambu atau bilah besi supaya lebih lebar dan lebih mudah dibalik.

Beef kofta ini mempunyai cerita tersendiri bagi saya. Saya ingat saya dulu pernah makan beef kofta ketika haji dengan Alm. Bapak pada tahun 2010 lalu. Di dekat hotel saya di daerah Jarwal ada restaurant arab. Salah satu menu yang disajikan adalah beef kofta ini. Dulu saya kira sate karena mirip sate, rupanya bukan sate. Tetapi ya, saya makan saja. Sekarang ini saya baru tahu yang dulu saya makan itu namanya beef kofta.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Makanan Sapi.

Bahan:
500 gr daging cincang tanpa lemak
1/2 bh bawang bombai, cincang
1 butir putih telur
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 gr keju cheddar
3 sdm daun ketumbar cincang (saya ga pake)
1 sdt ketumbar sangrai dihaluskan
1/4 sdt jintan sangrai dihaluskan
1/2 sdt cabai bubuk
1 sdt paprika bubuk (kalau ada)
1/2 sdt kunyit bubuk
1/8 sdt kayu manis bubuk
10 buah tusuk sate besi / bambu yang pipih

Pelengkap:
Sayuran segar
Mayones siap beli
Daun ketumbar bila suka
Roti pita

Cara Membuat:
Campur semua bahan jadi satu, aduk rata. Bagi menjadi 10 bagian, masing-masing dibalutkan pada tusuk sate sambil dipadatkan berbentuk lonjong. Panggang di atas bara api hingga matang sambil dioles dengan minyak goreng, hidangkan dengan roti pita / masi, serta pelengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar