Tod Mun Pla


Uplodan hari kelima untuk food challenge. Akhirnya saya lulus juga.

Apa itu tod mun pla? Tod mun pla adalah perkedel ikan thailand. Ada juga yang bilang thai fish cake. Sebenarnya tod mun pla ini adalah snack yang dijual di kaki lima jalanan di thailand. Karena saya bukan orang thailand, tod mun pla-nya tentu saya jadikan lauk. Hehehe...

Tod mun pla saya kurang cantik nih. Buncisnya keluar-keluar. Mungkin kurang halus kali ya motongnya.Dan saya kurang tipis menekannya. Sekilas malah mirip perkedel daripada tod mun pla.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Masakan Ikan

Bahan:
500 gram daging kakap / tenggiri, cincang halus (saya rebus dulu ikannya biar mudah dicincang)
1 butir telur
75 gram buncis muda, iris tipis melintang
1 sdm daun jeruk iris halus
3 sdm kecap ikan

Bumbu Halus:
5 buah cabai merah (saya cuma pakai 1 supaya kirana bisa ikutan makan)
1 sdm serai iris
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt lengkuas cincang
2 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan (saya ga pake, ga punya)
1/2 sdt terasi
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- Campur daging ikan dengan bumbu halus, telur, dan kecap ikan, uleni sampai licin. Masukkan daun jeruk dan buncis, aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 12-15 bagian. Bulatkan, pipihkan tebal 1 cm. Goreng sampai kecoklatan. Hidangkan dengan acar atau salad ketimun.

2 komentar: