Cake Lapis Ubi Ungu (Masbar Lapis)


Ikutan tantangan di masbar lagi setelah kemaren bolos ikutan tantangan di roll. Pada saat itu saya lupa batas waktunya. Pas mo bikin, eh rupanya udah selesai tantangannya. Nah.. kali ini temanya lapis, maka saya coba nikin cake lapis ubi ungu. Masih terobsesi pada ubi ungu nih ceritanya.

Ini sebenarnya cake ubi ungu kukus biasa. Dan saya seperti cake yang menggunakan tambahan ubi ungu, selalu nyampur ubi ungunya ga rata. Waktu bikin brownies ubi ungu juga gitu. Pasti selalu ada gerindil dari ubi ungunya. Mungkin karena ubi ungunya cuma dihaluskan pakai chopper, makanya ga terlalu halus. Pas halusinnya terlihat halus, tetapi ketika masuk ke adonan, kelihatan deh ga ratanya. Kalau mau benar-benar halus bisa dihaluskan pakai blender yang ditambah sedikit air. Karena saya malas mo cuci blender, jadi pas halusinnya kira-kira aja pakai chopper. Ternyata beneran ga bisa halus.

Kalau mau tahu warna cake ubi ungu itu aslinya seperti apa? Nah.. yang asli itu yang warnanya ungu muda. Jadi kalau ada tukang kue yang bikin cake ubi ungu bisa berwarna ungu tua tanpa pewarna makanan, kemungkinan besar menggunakan tepung ubi ungu. Makanya saya bikin 2 layer, yang berwarna ungu muda itu tanpa pewarna makanan, yang berwarna ungu tua itu dengan pewarna makanan. Sempat ada insiden pewarna ungu saya nyelip entah kemana. Sudah dicari-cari ga ketemu, akhirnya saya akalin pakai 1 tetes pewarna biru dan 4 tetes pewarna merah cabe, jadi deh warna ungu.

Oh ya, cake ini teksturnya bukan seperti cake kukus yang mengembang dan ringan. Tekstur cake ubi ungu ini termasuk berat dan basah. Mirip seperti brownies kukus pisang yang pernah saya bikin sebelumnya.


Resep diambil dari bukunya Faiza Hermain - Cake Lapis Kukus

Bahan:
200 gram ubi ungu kukus yang sudah dihaluskan
6 kuning telur
4 putih telur
100 gram margarin, cairkan
150 gram gula pasir halus
4 sdm minyak sayur
150 gram tepung terigu
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Kocok telur, garam, dan gula sampai mengembang.
- Masukkan terigu dan ubi ungu, kocok sampai tercampur, tuang minyak dan margarin cair, aduk sampai rata, bagi adonan menjadi 2 bagian.
- Satu bagian beri pewarna ungi beberapa tetes.
- Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti yang dioles minyak atau margarin.
- Masukkan loyang ke dalam dandang / kukusan yang sudah dipanaskan lebih dulu, tuang sebagian adonan ungu ke dalam loyang, kukus selama 5 menit.
- Tuang adonan putih, masak lagi selama 15-20 menit hingga matang sempurna. Angkat. Potong-potong.

2 komentar:

  1. aku yang tantangan kemarin juga gak ikut mbak, wah yg sekarang tema lapis ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. yang sekarang temanya lapis. Saya ngintip di instagramnya Masbar.
      Tapi logonya blum bisa diuplod. Ntar deh kalau rajin disave di henpon dulu baru pindahin ke laptop.

      Hapus