Mug Cake (LBT#37)


Akhirnya saya bikin juga mug cake.. Pertama kali liat mug cake ini di facebook sekitar 5 tahun yang lalu. Saya lupa diposting oleh siapa. Nah.. sejak itu kepengen bikin juga. Tapi apalah daya ketika kepengen ya hanya sebatas kepengen aja. Mo dibikin ga pernah kesampaian sampai akhirnya saya lupa dengan mug cake. Ketika saya dapet cangkir silikon dari Mamih Indah Murvida, baru keinget dengan mug cake lagi. Hohoho....

Untuk ulang tahun LBT yang ke 4, saya persembahkan mug cake. Tapi mug cakenya ga dihiasi macam2. Saya beri taburan gula halus dengan motif cinta aja. Ini artinya tanda cinta saya kepada LBT, suit.. suit.. Sayang.. hari ini seharian mendung, fotonya pun ga bisa maksimal.

Mug cake itu unik lo. Unik karena cake ini dipanggang dengan microwave, bukan oven. Baru tahu kan microwave bisa untuk panggang cake? Waktu untuk memanggang juga ga lama. Tekstur mug cake ini berat, berongga dan cenderung agak basah. Mug cake yang saya bikin ini ketika dipanggang tinggi sekali. Ketika keluar dari oven malah turun. ketika keesokan harinya bagian atas cake malah agak basah. Makanya untuk menyamarkan basahnya itu, bagian atas cake saya kasi gula halus.


Resep diambil dari bukunya Chindy Brouwer dkk - Menu Cinta. Umumnya mug cake itu cokelat, tapi karena ada yang pesan pengen dibikinin kue keju, jadi mug cake ini saya bikin menjadi vanila keju. Di resep aslinya pun adonan langsung dicemplungkan ke dalam cangkir. Karena cangkir yang saya pakai kecil, saya bikin 2 adonan dan saya campur ke dalam wadah yang agak besar, baru dituang ke cangkir.

Bahan:
2 sdm tepung terigu
4 sdm gula pasir
2 sdm bubuk cokelat (saya ganti susu bubuk)
1 butir telur
3 sdm susu cair
3 sdm minyak sayur (saya ganti margarin cair)
Secubit garam
1/4 sdt vanila (di resep asli tidak ada)
50 gram keju, parut (di resep asli tidak ada)

Cara Membuat:
- Oleskan minyak ke seluruh bagian dalam cangkir (karena saya pakai cangkir silikon jadi ga saya oles dengan apapun). Campur tepung, gula, garam, dan bubuk cokelat, aduk rata (campur juga vanila dan keju). Masukkan telur, aduk rata. Tuang susu dan minyak sayur, aduk sampai rata semuanya.
- Taruh di dalam microwave, masak dengan power maksimum kira-kira 3 menit. Diamkan selama 5 menit sebelum memindahkan kue ke piring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar