Bola-bola Daging Kentang


Alhamdulillah... Postingan pertama di tahun 2015. Saya bikin camilan namanya bola-bola daging kentang. Bola bola daging kentang ini mirip dengan kroket. Perbedaannya, kalau kroket kan besar, nah.. si bola bola ini versi kecilnya.

Pertama kali saya menggoreng rata-rata pecah semua bulatannya dan isinya berkeluaran. Akhirnya bola-bola yang belum digoreng saya inapkan di kulkas pada pagi hari, malamnya saya balut lagi bola bola itu dengan tepung roti, kemudian masuk kulkas lagi, pagi keesokan harinya baru saya goreng tanpa proses suhu ruang. Jadi bola bola yang dikeluarkan dari kulkas digoreng dalam keadaan dingin. Nah.. proses seperti ini membuat bola bola menjadi tidak pecah dan mulus ketika digoreng.

Saya pun butuh lebih banyak kentang halus. Karena saya mengisi isian ke dalam kentang ga berani banyak karena khawatir mudah pecah, jadi saya isinya sedikit. Nah.. rupanya ketika kentang pertama habis sedangkan isinya masih banyak, akhirnya saya kukus dan haluskan lagi kentangnya. Tiap bulatan kentang saya timbang 20 gram, kemudian saya isikan 1 sdt dengan bahan isian. Rupanya ini kurang banyak. Makanya kentang sudah habis tapi isian masih tersisa banyak. Saran saya, untuk tiap bulatan kentang, isikan saja 1 sdm bahan isian supaya pas dan lebih terasa dagingnya ketika kentang digigit.


Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Kudapan Enak Dari Singkong, Ubi, Kentang, dan Talas

Bahan:
2 sdm margarin
100 gram kornet sapi (saya pakai daging giling)
50 gram wortel, potong dadu kecil
1 lembar daun bawang, iris halus
10 gram keju parut
350 gram kentang, potong-potong
Minyak untuk menggoreng
1 sdt merica
1/2 sdt garam
100 gram terigu
1 butir telur, kocok lepas (saya paka putih telur saja)
150 gram tepung panir

Cara Membuat:
- Isi: panaskan margarin, tumis kornet sapi, wortel, daun bawang, dan keju sampai harum dan matang. Angkat dan sisihkan.
- Goreng kentang sampai matang, tiriskan dan haluskan. Tambahkan merica dan garam, aduk rata. Ambil satu sendok makan adonan, isi dengan tumisan. Bentuk bulat kembali.
- Lumuri bola dengan terigu, celupkan ke dalam telur kocok. Gulingkan ke dalam tepung panir. Goreng sampai matang dan kuning keemasan. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar