Puding Santan

 
Selama ini saya belum pernah ya bikin puding dari santan. Saya lebih menikmai puding yang terbuat dari susu. Biasanya almarhumah ibu yang suka bikin puding santan. Duhh jadi kangen ibu. Tapi saya jarang mau makan kalo dulu ibu bikin puding dari santan. Maaf ya bu kalau dulu kurang menghargai usaha ibu.

Gula merah yang saya pakai ini benar-benar berwarna tua. Warna pudingnya jadi gelap. Oh ya, buat saya, puding ini agak kemanisan. Tapi kalo yang memang suka manis, boleh menggunakan resep gula dan gula merah sesuai resep. Tapi kalau ga suka manis, takaran gula pasir atau gula merah bisa dikurangi sesuai selera.


Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Puding. Resep aslinya menggunakan takaran 1 1/4 bungkus agar-agar. Karena mau praktis, resep ini saya konversikan lagi ke dalam 1 bungkus agar-agar saja. Tapi resep asli tetap saya cantumkan. Hanya mau mempermudah saya saja jika saya mau membuatnya lagi.

Bahan:
250 cc air (saya pakai 200 cc air)
200 gram gula merah (saya pakai 160 gram)
50 gram gula pasir (saya pakai 40 gram)
10 lembar daun jeruk purut
1 1/4 bungkus agar-agar (saya pakai 1 bungkus)
500 cc santan dari 1 butir kelapa (saya pakai 400 cc)
1/4 sdt garam
2 butir telur

Cara Membuat:
- Rebus air, gula merah, gula pasir, dan daun jeruk purut sampai mendidih dan gula larut, saring, sisihkan.
- Rebus agar-agar dengan santan dan garam, aduk sampai mendidih. Masukkan air gula di didihan.
- Kocok telur, tuangi agar-agar panas, kocok sampai tercampur. Setelah agak dingin, tuangkan dalam cetakan puding yang telah dibasahi dengan air matang. Dinginkan.

2 komentar: