Cake Jeruk


Saya ini telat ya, yang lain udah dari jaman kapan gitu nyobain cake jeruk, saya baru kali ini coba.

Cake jeruk itu sebenarnya hanya sponge cake yang dikasi bubuk jeruk sachetan. Kalau buat saya sih kurang ngejeruk. Tapi cukup lah sebagai tambahan referensi cake yang pernah saya buat. Ada berasa asam-asam gitu walau ga terlalu asam. Kalau dikasi potongan jeruk lebih seru kali ya, jadi berasa benar-benar cake jeruknya. Oke, insya allah nanti lain waktu saya akan coba bikin cake jeruk yang ada jeruknya. Tunggu ya...

Oh ya.. cake yang saya bikin ini pake cetakan cupcake yang press tapi sayang ga mulus, banyak gelembung udaranya. Waktu mau masukin adonan lupa dihentakan supaya udara yang terperangkap di dalam adonan bisa keluar, alhasil cake berbolong-bolong. Motif di atas cake pun tak terlalu terlihat jelas.

Resep diambil dari bukunya Ibu Sisca Soewitomo - Resep Praktis Cake Lezat

Bahan:
4 butir telur
75 gram gula pasir
80 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
1 sdm sari jeruk bubuk instant, siap beli
75 gram margarin, cairkan

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan temperatur 175 C. Siapkan cetakan kecil ukuran 8 cm, olesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu, sisihkan.
- Ayak tepung terigu dan baking powder menjadi satu. Masukkan sari jeruk, sisihkan.
- Kocok telur dan gula pasir hingga kental dan berwarna putih. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit hingga rata, tuang margarin cair, aduk rata secara perlahan.
- Masukkan ke dalam cetakan, panggang selama 20 menit hingga mengembang dan matang. Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin, semprotkan whipped cream di atasnya, hias dengan jeruk manis. (saya ga hias)
- Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar