Kueh Bangket


Di Malaysia dan Singapura, kueh bangket ini merupakan salah satu kue tradisional yang wajib disajikan ketika Tahun Baru Cina. Kalau di Indonesia, kue bangket sepertinya lebih sering disajikan ketika hari raya idul fitri. Saya kurang tahu apakah ketika Tahun Baru Cina, di Indonesia, yang merayakannya wajib menyajikan kue ini atau tidak. Rasanya tidak ya. Entahlah...

Menurut sejarah, kueh bangket itu berkorelasi dengan Belanda. Kata "bangket" itu berarti "banket" dalam bahasa Belanda yang berarti biskuit. Karena Indonesia dulunya jajahan Belanda, jadi wajar jika di Indonesia juga mengenal kue bangket seperti halnya Singapura mengenal kuih bangket dan Malaysia mengenal kuih bangkit. Ketiga negara ini mengenal kue yang sama, resep dan cara pembuatan yang hampir sama.

Resep diambil dari bukunya Sharon Wee - Growing Up In A Nyonya Kitchen: Singapore Recipes from my Mother.

Bahan:
450 gram tepung sagu (bisa juga diganti tepung tapioka)
6 lembar daun pandan, potong tiap helai menjadi 3 bagian
1/2 cup santan kental
170 gram gula halus
2 kuning telur
1 putih telur
1/2 sdt vanila essens
1/4 sdt soda kue (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Sangrai tepung sagu dengan daun pandan. Dinginkan.
- Masak santan kental dengan daun pandan. Dinginkan dan buang daun pandannya. (karena saya gunakan santan instan, jadi saya tidak masak santannya)
- Panaskan oven 180 C. Alasi loyang dengan kertas roti.
- Kocok gula halus, kuning telur, dan putih telur hingga tercampur rata. Tambahkan vanila essens, soda kue, dan santan kental. Aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibentuk. Keluarkan dari mangkuk, bulatkan adonan, bentuk menjadi adonan yang lebih kecil. Tutup adonan dengan serbet bersih. Ambil satu adonan yang akan dibentuk, dan biarkan adonan yang lain ditutupi dengan serbet.
- Taburi sedikit tepung di meja dan peralatan mencetak kue.
- Ambil adonan kemudian bentuk sesuai yang diinginkan. Lakukan hingga semua adonan habis.
- Panggang di dalam oven kurang lebih 10 menit. Dinginkan kue kemudian masukkan ke wadah tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar