Poffertjes


Poffertjes ini cukup sering saya bikin di rumah. Bikinnya cepet ga pake ribet dan bisa disambil masak atau cuci piring. Poffertjes paling nikmat dimakan dalam keadaan hangat. Makanya paling cocok dijadikan sarapan pagi (walau di rumah kami tetap menganggap poffertjes hanya sebagai snack di pagi hari).

Cara memakan poffertjes umumnya dengan taburan gula halus. Tapi ada juga yang mengoleskan selai ke tengah poffertjes. Di beberapa cafe atau mall bahkan bisa makan poffertjes dengan ice cream. Aslinya poffertjes ini memang terasa tawar apabila dimakan begitu saja.

Yang bikin tricky itu adalah membuat pofertjes berbentuk bulat di semua sisinya. Tidak mudah memang, tapi ga sulit kok. Pastikan mengisi adonan 3/4 dari tinggi cetakan. Biarkan satu sisi berwarna coklat baru balik ke sisi satunya lagi.


Resep didapat dari Tabloid Saji Edisi 13

Bahan:
225 gram tepung terigu
1 sdt ragi instant
1 sdm gula pasir
1 butir telur
375 ml susu cair
1/2 sdt garam
25 gram margarin cair
100 gram gula tepung untuk taburan

Cara Membuat:
- Ayak tepung, tambahkan ragi instant dan gula.
- Tuang susu sambil diaduk hingga lembut. Masukkan telur, aduk rata.
- Tambahkan garam dan margarin leleh, aduk hingga rata. Diamkan adonan selama 20 menit.
- Panaskan cetakan poffertjes, oles dengan sedikit margarin. Tuang adonan lalu masak sampai matang, sisihkan.
- Tuang adonan ke dalam cetakan pofertjes. Setelah setengah matang, tempelkan poffertjes yang sudah matang di atasnya hingga menempel (saya ga lakukan cara ini, saya hanya menggunakan satu bulatan saja yang dibalik ketika satu sisinya sudah matang).
- Setelah matang, angkat lalu sajikan dengan tepung gula.

2 komentar: