Ayam Madu (LBT#33)


Ini pertama kalinya saya mencoba membuat yang namanya ayam madu. Ayam madu? Ya, ini adalah ayam yang diberi tambahan madu. Buat saya, rasa maupun aroma madu udah kelindes sama rasa ayam. Tapi boleh lah dicoba sebagai tambahan variasi olahan ayam.

Aslinya ayam ini didiamkan selama 2 jam supaya bumbu meresap. Karena saya mau praktis, ayam dan bumbunya saya taruh dalam wadah plastik bertutup kemudian saya simpen dalam lemari es pada malam hari, dan paginya baru saya keluarkan, pindahkan ke wadah tahan panas, kukus, baru dipanggang di dalam oven.


Resep diambil dari bukunya Saji dan Bango - Mudah Memasak Kuliner Nusantara

Bahan:
1 ekor (800 gram) ayam kampung, potong 8 bagian (saya gunakan 800 gram paha ayam)
1/2 sdt gula merah, sisir halus
2 sdt garam
3 sdm madu
2 sdm kecap manis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah bunga pala atau 1/2 butir biji pala
1 sdt ketumbar, sangrai
1/4 sdt merica, sangrai (saya gunakan merica bubuk)

Cara Membuat:
- Aduk rata bumbu halus, gula merah, garam, madu, dan kecap manis.
- Rendam ayam di dalam campuran bumbu selama 2 jam. Tusuk-tusuk ayam.
- Letakkan ayam dalam pinggan tahan panas.
- Kukus selama 1 jam sampai matang.
- Oven atau panggang ayam selama 30 menit sampai kecoklatan sambil dioles sisa bumbu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar