Chocolate Tres Leches Cake

 
 
Tres leches cake itu nama lainnya adalah pastel de tres leches. Menurut cerita, cake ini pertama kali diperkenalkan di Nicaragua, Mexico. Tetapi sumber lain mengatakan bahwa cake ini diperkenalkan di Amerika Latin. Aslinya tres leches cake ini rasa susu plain dan diberi icing whipcream. Karena pengen buat beda dengan yang pernah saya buat sebelumya, kali ini saya buat versi cokelatnya dan tanpa iciing. Buat pecinta susu, cake ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Pertama kali kenal cake ini ketika ngerjain pr buat lbt. Tres leches cake itu adalah cake yang disiram dengan campuran tiga macam susu. Cake ini saya bawa sebagai potluck ketika latbar BKR. Seperti biasa lagi-lagi ini adalah late post.

Buat yang pernah makan roti tawar yang disiram dengan susu dingin, nah.. tres leches cake ini mirip banget seperti itu. Cakenya memang cenderung jadi manis dan basah karena campuran susu-susu itu. Aslinya harusnya lebih basah daripada yang digambar, bukan basah sih tapi harusnya lebih banjir susu lagi. Karena cake ini dibawa ke latbar dan membawanya rentan resiko bocor, apalagi saya menggunakan loyang bongkar pasang, maka saya hanya menggunakan ½ resep susunya saja.

Resep saya ambil dari Ree Drummond - The Pioneer Woman. Resep di bawah ini full satu resep. Untuk cake saya bikin 1 resep untuk susunya saya bikin ½ resep aja. Satu resep saya bisa dapat loyang bulat 16 cm dan loyang kotak 8X22X6 cm.

Bahan:
1 cup terigu serbaguna (140 gram) (saya gunakan 130 gram terigu + 10 gram cokelat bubuk)
1 - 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
5 butir telur
1 cup gula pasir (225 gram)
1 sdt vanila
1/3 cup susu (80 ml) (saya gunakan susu uht cokelat)
1 kaleng susu evaporated
1 kaleng susu kental manis (saya gunakan rasa cokelat)
1/4 cup heavy cream (60 ml) (saya gunakan whipping cream bubuk yang dicairkan dengan air)

Icing: (saya ga pake)
1 kotak heavy cream
3 sdm gula pasir

Caranya Membuat:
- Panaskan oven ke 180 C. Olesi tipis butter pada loyang.
- Aduk rata tepung, baking powder dan garam; sisihkan. Pisahkan antara kuning dan putih telur.
- Kocok kuning telur dan 170 gram gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili, kocok kembali hingga tercampur rata. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung aduk hingga tercampur rata.
- Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga berbusa, kemudian masukan 55 gram gula pasir. Kocok kembali hingga kaku tetapi tidak kering.
- Masukan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur aduk rata. Tuangkan adonan kedalam loyang.
- Panggang selama 35 sampai 45 menit. Lakukan tes tusuk. Angkat loyang kue dan biarkan dingin.
- Campur dan aduk rata susu kental manis, susu evaporated dan krim kental di dalam gelas. Sisihkan. Setelah cake dingin, tusuk perlahan di beberapa bagian permukaan cake menggunakan garpu. Secara perlahan siramkan campuran susu tadi diatasnya (saat disiramkan, cake masih di dalam loyang).
- Biarkan cake selama 30 menit hingga susu terserap ke dalam cake.
- Icing: Kocok heavy cream dan gula hingga mengembang dan lembut. Berikan icing diatas cake potong - potong, sajikan di atas piring dan beri hiasan buah cherry atau lainnya, jika suka.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar