Pastel Mini


Seingat saya, terakhir kali saya bikin pastel mini ketika saya masih SD. Bikin rame-rame dengan para tante. Setelah itu saya ga pernah bikin sendiri, beli yang sudah jadi juga ga pernah. Saya ga doyan pastel mini soalnya. Beberapa hari yang lalu ayah kirana ada ngobrolin soal pastel mini, maka ketika saya bongkar-bongkar buku resep dan menemukan resep pastel mini, langsung saya coba.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga – Camilan Khas Indonesia. Satu resep bisa dapet kurang lebih 80 buah. Tergantung ketebalan kulit pastelnya. Berhubung saya cuma menggunakan rolling pin untuk menggilasnya, maka kulitnya ga bisa tipis. Kata ayah kirana ketika tadi cicipi pastelnya, pastelnya ketebalan kulit. Jadi akan jauh lebih baik apabila kulit pastel ini ditipiskan menggunakan ampia (pasta maker), karena kulit bisa dibuat dengan lebih tipis dan abonnya bisa diisi dengan lebih banyak. Saya buat tidak dengan cetakan pastel mini, tetapi diplintir menggunakan jari. Jadi harap dimaklumi jika bentuknya tidak rapi.

Bahan Kulit:
275 gram tepung terigu
75 gram margarine
75 ml air hangat
½ sdt garam

Isi, Campur Rata:
100 gram abon ayam
25 gram ebi, cuci, sangrai, haluskan (saya ga pake)
1 sdm bawang goreng
½ sdm gula halus (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Kulit: campur dan uleni semua bahan hingga rata, bungkus dengan plastik, simpan dalam lemari pendingin.
- Penyelesaian: gilas adonan hingga tipis sekali, cetak bulat diameter 3 cm. Dengan bantuan cetakan pastel mini, letakkan kulit adonan untuk diberi 1 sdt bahan isi. Tutup, rapatkan. Goreng dengan minyak sedang dan banyak hingga kuning kecoklatan, angkat.

Tips:
Selama menggoreng tak perlu menyiram-nyiramkan minyak pada permukaan kue. Hal ini justru menyebabkan kulit pastel menggelembung dan cenderung pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar