Cenil Merah Putih (YKMK#1)


Setoran kedua untuk grup Your Kitchen My Kitchen. Setoran kedua ini saya coba membuat cenil. Cenil merupakan salah satu jajanan yang sangat dikenal bagi masyarakat Jawa. Sayangnya di Pontianak ga ada lagi yang jual cenil. Dulu ada ibu orang jawa yang jualan cenil, tiwul, jagung, dan lupis di Pasar Dahlia Sungai Jawi. Bersebelahan dengan ibu yang jualan rendang jengkol. Tapi entah mengapa sekarang ibu itu tidak pernah lagi jualan disitu. Terakhir kali makan cenil ketika saya lagi hamil Kirana. Hmm sudah lama rupanya saya tidak pernah makan cenil. Kemaren pagi tiba-tiba aja ingin sekali bikin cenil. Resep pun sudah lama ada. Jadi sambil memasak disambil juga membuat cenil. Ternyata membuat cenil mudah ya..

Resep saya ambil dari Booklet Majalah Kartini No 306. Booklet ini booklet jadul kayaknya, saya ga tahu dari tahun berapa, yang pasti dari jaman ibu saya. Di resep disebutkan menggunakan gula pasir. Tapi seingat saya, cenil itu dimakan dengan kelapa dan gula merah. Jadi saya menggunakan gula merah untuk pemanisnya.


Bahan:
250 gram tepung kanji
1 sdm terigu
1 sdt vanilla
Garam secukupnya
Air hangat secukupnya
Pewarna merah secukupnya
1/2 buah kelapa muda yang diparut (saya gunakan kelapa kering yang direndam dengan air panas, biarkan sebentar, kemudian peras, ambil kelapanya)
2 sdm gula pasir (saya gunakan 6 sdm gula merah, masak dengan sedikit air hingga gula larut, saring)

Cara Membuat:
- Tepung kanji, tepung terigu, garam, dan vanilla dicampur menjadi satu. Beri air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai adonan dapat dipulung. Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian diberi pewarna merah, satu lagi biarkan putih. Pulung-pulung adonan sebesar biji salak. (saya pulung sebesar buah cermai)
- Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Dalam keadaan mendidih, masukkan adonan yang sudah dipulung satu-satu. (saya rebus dulu adonan yang berwarna putih sampai matang, angkat, baru rebus adonan warna merah, kalau direbus bersamaan maka cenil putih akan berubah warna menjadi pink)
- Kalau adonan sudah terapung, angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan memberi kelapa parut dan gula pasir.

2 komentar:

  1. Terima kasih untuk ikut serta dalam Challenge #1 YKMK 2014, success.

    BalasHapus