Kue Purnama


Ada yang pernah dengar namanya kue purnama? Ini bukan moon cake ya, beda jauh dengan moon cake. Saya baru tahu ada yang namanya kue purnama ketika saya bongkar arsip resep ibu saya, ada potongan resep dari koran yang ada resep kue purnamanya. Saya kurang tahu ini resep dari koran apa dan kapan. Yang pasti sudah lama karena warna korannya sudah kuning.

Di resep dituliskan, bunga dibentuk menyerupai bunga aster. Karena saya pun ga paham bunga aster harus dibentuk seperti apa, saya bentuk sekira saya aja. Oh iya, mengapa dinamakan kue purnama? Padahal kalau harusnya namanya adalah kue semprit aster. Mungkin hanya yang punya resep dan Tuhan saja yang tahu mengapa dinamakan demikian. Karena yang punya resep memberi nama kue purnama, maka saya juga tetap akan menggunakan nama yang sama untuk judulnya.

Cara penulisan untuk cara membuat saya ubah cara penulisannya supaya lebih mudah untuk dipahami. Tetapi hal ini tidak mengurangi inti dari cara membuatnya.

Bahan:
200 gram mentega
300 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
175 gram gula halus
100 gram susu bubuk
2 butir telur (saya kocok lepas)
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt coklat bubuk

Cara Membuat:
- Campur semua bahan di dalam sebuah wadah. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
- Masukkan adonan ke dalam cetakan semprit, semprotkan ke loyang menyerupai bunga aster. Letakan kismis di tengahnya.
- Panggang hingga matang.

Catatan:
Saya menggunakan piping bag untuk menyemprotkan adonan. Jangan lupa piping bag didobel ya. Satu buat adonan potong ujungnya, satu lagi buat spuitnya potong ujungnya, piping bag yang isinya adonan dimasukkan ke dalam piping bag yang isinya spuit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar