Pastel Bengkoang


Ada yang pernah nyobain pastel bengkoang? Kalau belum pernah, maka wajib mencobanya. Kami di pontianak terbiasa menikmati pastel yang isiannya terbuat dari bengkoang, bawang putih, dan udang ebi. Ketika memakan pastel bengkoang, akan ada sensasi manis dari bengkoang di dalamnya.

Di pontianak itu ajaib bener. Kami menyebut pastel dengan sebutan kroket, padahal kroket beda jauh dengan pastel. Kalo kita jajan di penjual gorengan, maka kalo pembeli menanyakan pastel, penjual pasti ga ngerti. Kalo ditanya kroket, pasti langsung ngeh dan memberikan si pastel. Jadi kalo mo makan pastel di toko kue atau penjual gorengan di Pontianak, katakan dengan nama "kroket". Di Pontianak, kita familiar dengan empat varian isi pastel, ada isi kentang, singkong / ubi, bihun, dan bengkoang. Silakan dipilih yang mana yang disuka.

Resep diambil dari Tante Ango. Yang unik itu cara membuat kulitnya, baru kali ini saya membuat kulit pastel yang menggunakan air panas. Katanya, dengan metode itu maka akan dihasilkan kulit yang mulus ketika digoreng dan tidak akan keras walau sudah dingin.

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
1 butir telur, kocok rata
50 ml air

Bahan Isi:
800 gram bengkuang, parut berbentuk korek api, tiriskan hingga tidak ada lagi air yang menetes
100 gram udang ebi kering, rendam, tumbuk
1 buah bawang bombay, cincang
2 buah bawang merah, haluskan
6 buah bawang putih, haluskan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
- Untuk kulit, didihkan air kemudian masukan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata dan tidak ada tepung yang menggumpal. Mengaduk tepung terigu ke air panas bisa dengan menggunakan tangan atau sendok nasi plastik yang ada totolannya. Jika dirasa kurang kalis, tambahkan air panas lagi secukupnya dan sedikit-sedikit hingga adonan kalis. Setelah kalis, tambahkan telur, aduk ke adonan tepung hingga tercampur rata.
- Untuk isi, tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga harum. Masukan udang ebi, aduk rata, kemudian masukan bengkuang, tambahkan garam sesuai selera. Masak hingga bengkuang sedikit layu dan berubah warna menjadi sedikit lebih coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar