Tahu Telur Puyuh


Ini postingan terakhir kue arisan kami yang diadakan hari kamis lalu. Saya bikin tahu telur puyuh. Sebenarnya saya sudah sangat sering bikin tahu telur yang dicampur sayur-sayuran. Tapi baru kali ini nyobain yang dikasi dengan telur puyuh, biar beda aja dengan yang saya buat selama ini. Kali ini saya ga kasi sayur-sayuran. Cukup tahu, telur, telur puyuh dan kaldu bubuk saja. Hasilnya.. tentu saja tetep enak dan menjadi camilan yang sangat disukai di arisan rt kami.

Saya menggunakan tahu singkawang sebagai bahan dasar tahunya. Tahu singkawang itu tahu yang putih, lembut, belum digoreng, rasanya plain (belum berbumbu), kalau ditekan kuat, tahunya gampang hancur (itu juga artinya tahu ini bebas formalin), kalau beli di langganan saya yang tiap hari lewat di depan rumah harganya Rp.700,- / buahnya (sebelum bbm naik harganya masih Rp.600,- / buahnya), bentuknya juga tidak kotak seperti tahu yang biasanya tapi bentuk agak bundar diujungnya, soalnya tahu singkawang ga dibuat dalam ukuran besar baru dipotong tetapi dibungkus satu persatu dengan menggunakan kain. Bisa dibayangkan kan tahunya seperti apa? Kalau masih penasaran silakan googling dengan clue tahu singkawang.


Bahan:
10 buah tahu putih
3 buah telur
30 buah telur puyuh
8 gram kaldu bubuk

Cara Membuat:
- Rebus telur puyuh hingga matang, kupas kulitnya.
- Panaskan dandang, tutup bagian penutup dandang dengan kain besar. Biarkan beruap banyak.
- Hancurkan tahu hingga halus (bisa gunakan tangan atau garpu)
- Kocok telur dan kaldu bubuk dengan whisk hingga tercampur rata, tuang kocokan telur ke dalam tahu yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
- Siapkan cetakan cucing. Masukan 1 sdm tahu ke dalam cetakan, beri telur puyuh di tengahnya, tekan. Kemudian tambahkan tahu hingga 3/4 bagian cucing. Lakukan hingga adonan habis atau cucing yang tersedia habis.
- Masukan ke dalam kukusan, beri jarak antar tiap cucing, dan kukus selama 20 menit hingga matang.
- Setelah matang, buka tutup dandang dan biarkan dandang menjadi agak hangat, kemudian keluarkan tahu telur dari cetakan cucing. Tahu telur ini juga bisa disimpan lama di dalam freezer.
- Goreng tahu telurnya hingga kuning kecoklatan. Bisa digoreng langsung, kalau mau dilumuri dengan kocokan telur sebelum digoreng juga bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar