Sala Bule’


Saya baru mengenal sala bule' ketika saya membuka-buka ncc-jtiw untuk yang kesekian kalinya. Ada postingan dari mba wati tentang sala bule'. Sala bule' adalah salah satu makanan khas dari daerah pariaman sumatra barat. Sala bule' identik dengan bentuk bulat dan menggunakan tepung beras sebagai dasar utama. Ditambah dengan ikan asin sebagai penyedap rasa. Selain ikan asin bisa juga diganti dengan ikan teri, udang rebon, atau yang lainnya, yang penting bisa mengasinkan sala bule'.

Saya buatnya tadi malam, dipulung juga tadi malam, terus masuk kulkas dan pagi baru digoreng. Secara tekstur mirip seperti bakso goreng (karena bentuknya juga sama-sama bulat) atau cireng. Luarnya garing tapi di dalamnya lembut. Saya bikin 1/2 resep (resep di bawah untuk 1 resep ya). Saya bulatkan sebesar kelereng karena kalau bulatannya besar, saya khawatir nanti ketika digoreng ga matang. Tanda bahwa sala bule' sudah matang pun dikira-kira saja karena di bagian luarnya tidak akan berwarna coklat dan tetap akan berwarna kuning walau sudah matang. Rasanya enak sekali. Karena saya menggunakan ikan teri, jadi dominan rasa ikan teri di dalamnya.

Sepertinya di daerah sumatra barat memang sering sekali menggunakan tepung beras sebagai penganan camilan mereka. Tetangga saya di toko orang minang, nah.. beliau sering sekali membuat pisang goreng dengan menggunakan tepung beras sebagai pelapis pisangnya. Tetangga saya itu pak sinin namanya, beliau bilang kalau tepung beras akan menjadikan gorengan lebih renyah ketimbang terigu. Jadi kesimpulan saya pantesan juga jika sala bule' menggunakan tepung beras bukan terigu (walaupun kebanyak gorengan di indonesia menggunakan terigu atau tepung sagu atau campuran berbagai tepung sebagai bahan dasarnya) karena memang ingin menghasilkan gorengan yang renyah.


Bahan:
500 gram tepung beras
600 ml air
100 gram ikan asin, digoreng dan haluskan (saya gunakan ikan teri yang ditumbuk)
2 lembar daun kunyit, dibuang tulang daunnya dan diiris halus
1 batang aun bawang, diiris
Garam secukupnya (saya tidak gunakan)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 ruas ibu jari jahe
2 ruas ibu jari lengkuas
1 ruas jari kunyit
4 bh cabe merah (saya tidak gunakan)

Cara membuat:
- Didihkan air bersama bumbu halus dan daun kunyit. Setelah mendidih matikan api.
- Satukan dalam wadah, tepung beras, ikan asin, daun bawang. Masukkan dalam air rebusan bumbu perlahan-lahan sambil diaduk hingga rata. Masak kembali dengan api sangat kecil sambil diaduk hingga mengental dan dapat dibentuk. Tes rasa untuk menambah garam (terkadang tidak diperlukan, bila kadar asin dari ikan dirasa telah mencukupi).
- Buat bulatan-bulatan kecil sampai adonan habis.
- Goreng sampai terendam minyak hingga matang. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar