Onde Onde Ceplis


Keika saya melihat postingan onde onde ceplis yang diposting oleh mba Hesti di NCC JTIW, saya langsung tjatuh tjintah. Adonannya memang sama dengan adonan onde onde, tapi kalo onde onde ceplis ga pake isian, dalemnya kosong, dan lebih manis daripada onde onde biasa. Onde onde ceplis juga mirip dengan keciput. Bedanya ukuran keciput lebih kecil, kira-kira sebesar terong pipit, sedangkan onde onde ceplis seukuran kelereng. Bisa dibilang onde onde mini.

Sudah lama juga ga bikin onde-onde, hingga tadi malem kirana bobonya awal dan saya bisa membuatnya. Saya pulung, digulingkan ke wijen, terus taruh di wadah tertutup dan masuk ke kulkas. Nah.. tadi pagi baru saya goreng. Karena sudah disimpan di kulkas dalam keadaan saling tindih antara satu onde dan onde lainnya, makanya ketika dikeluarkan dari wadahnya bentuknya ga beraturan lagi. Udah ga ada bentuk bulat, semuanya jadi bentuk abstrak. Ketika digoreng, bentuknya jadi agak bulat (walau ga benar-benar bulat) dengan sendirinya walau ga semua juga tetap bulat. Yang gepeng ya tetep jadi gepeng juga bentuknya setelah digoreng. Makanya onde-onde ceplis saya bentuknya ajaib sekali.

Resep diambil dari buku Camilan Indonesia - Yasaboga

Bahan:
250 gr tepung ketan
50 gr tepung sagu
125 ml air
1 sdt garam
75 gr gula pasir
1 1/2 butir telur (saya gunakan 2 butir telur ukuran kecil)
75 gr wijen putih

Cara Membuat:
- Tepung ketan dan tepung sagu diaduk hingga rata, sisihkan.
- Telur dikocok lepas lalu tambahkan garam, air dan gula pasir. Aduk rata. Kemudian masukan campuran tepung, uleni hingga bisa dipulung.
- Bentuk bulat-bulat kecil, gulingkan ke wijen.
- Goreng dalam minyak panas api sedang hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar