Kacang Telur


Saya awalnya ga kepikiran mau bikin kacang telur, ngebayangin cara membuatnya juga ga pernah, bahkan terlintas untuk membuatnya pun juga ga pernah. Biasanya saya beli saja (baru satu kali beli sih), itu pun kacangnya bau tengik yang membuat saya jadi malas membelinya lagi. Kacang yang sering saya buat hanya kacang bawang saja, paling praktis soalnya. Kalo lebaran pun palingan goreng kacang mede, bikin kacang bawang, beres!

Suatu hari di grup BKR ada yang memposting kacang telur. Gara-gara postingan mba Ummu Nusaibah inilah saya jadi semangat untuk mecobanya juga. Saya sekedar pengen tahu saja bagaimana cara membuat kacang telur. Ummu Nusaibah ini memang bakulan kacang telur. Makanya saya langsung tertarik. Saya cerita ke suami tentang kacang telur, suami bilang kalau ibunya dulu juga sering bikin kacang telur kalo lebaran. Jadi klop deh.

Nah.. tadi malam akhirnya saya coba eksekusi juga si kacang telur. Sebagai uji coba saya buatnya hanya 250 gram kacang tanah buka kulit. Insya Allah jika memungkinkan, saya akan membuatnya juga untuk lebaran nanti.


Resep saya gunakan dari Ummu Nusaibah yang ada di file BKR

Bahan A:
2 butir telur
250 gram gula halus (saya hanya gunakan setengahnya)
1 sdm garam
1 sdt vanilli / bawang putih yang dihaluskan / bawang putih bubuk
5 sdm minyak goreng (margarin cair)
3 sdm air

Bahan B:
1 kg terigu, ayak
1 kg kacang tanah, sangrai
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
- Kocok semua bahan A sampai tercampur rata dan gula larut
- Siapkan kacang tanah sebagian dalam baskom, beri 1 sendok sayur bahan A, aduk rata
- Siapkan sebagian terigu dalam baskom kering, masukkan kacang yang sudah diberi bahan A kedalam terigu, goyang-goyangkan wadah berisi terigu dan kacang, sampai semua terbalut. Ayak
- Ulangi terus sampai ketebalan yang diinginkan. kurang lebih 5-7x
- Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sambil terus diaduk2 samapi kuning keemasan

Catatan:
Mengaduk kacang menggunakan sendok hanya pada saat pertama kali di beri bahan A, ketika mengulanginya cukup digoyang-goyangkan saja wadahnya, ini bertujuan agar adonan yang sudah menempel tidak terkelupas.

Tutorial membuat kacang telur dengan menggunakan foto bisa dilihat di foto 1, foto 2, foto 3, foto 4, foto 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar