Cake Kukus Vla


Saya ga tahu nama cake ini apa. Dulu pernah dapet snack box yang isi salah satu snack boxnya ya cake kukus ini. Tapi sampe sekarang ga pernah nemu lagi. Nah.. beberapa waktu yang lalu ada pelanggan beli cetakan egg tart yang mirip tatakan gelas. Si Ibu cerita kalau dia buat cake kukus yang dilipet terus tengahnya dikasi vla. Baru ngeh saya kalo si ibu cerita tentang cake kukus yang dulu pernah saya makan.

Dalam rangka membuktikan hal tersebut tadi malem saya cobain untuk membuatnya. Karena buta resep dan mencoba googling ga nemu, saya cobain aja utak atik dari resep dasar brownisnya ny.liem. Terus vlanya saya pakein vla instantnya haan. Saya buat cuma setengah resep jadinya lumayan banyak karena cakenya dibuat tipis. Resep yang ada di bawah untuk satu resep ya.


Bahan:
6 butir telur
225 gram gula pasir
vanili bubuk secukupnya
garam sedikit
½ sdt cake emulsifier 
125 gram terigu protein rendah
50 gram susu bubuk
200 gram margarin, cairkan.
pasta coklat secukupnya.
Cara Membuat:
- Buat vla-nya dulu. Kalau menggunakan vla instant silakan dikocok dahulu. Ikuti petunjuk di belakang kemasan.
- Panaskan dandang kukusan, tutupi tutup dandang dengan kain lebar, biarkan beruap banyak.
- Siapkan loyang egg tart, oles dengan mentega.
- Campur dan ayak terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, kocok dengan kecepatan paling rendah.
- Tuangi margarin leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
- Ambil sedikit adonan, beri tambahan pasta coklat, masukan ke dalam piping bag
- Tuang 3-4 sendok makan (tergantung ketebalan cake yang diinginkan) adonan putih ke dalam loyang egg tart, beri motif dengan adonan coklat, kukus selama 5 menit. Angkat.
- Dalam keadaan hangat keluarkan dari loyang dengan cara dibalik, beri vla lalu lipat. Melipat harus dilakukan dalam keadaan hangat supaya cake lentur 
- Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar