Badak Berendam


Namanya cukup unik yaitu badak berendam, nama badak berendam familiar di masyarakat melayu malaysia dan singapura. Saya kurang tahu sejarah hingga penganan ini dinamakan badak berendam. Menurut imajinasi saya, mungkin karena dibuat besar hingga dinamakan badak. Tapi kenapa bukan gajah berendam atau kuda nil berendam, pasti lebih seru. Di masayarakat indonesia dinamakan putri mandi. Ukuran bola bola putri mandi relatif lebih kecil, hanya sebesar kelereng. Makan putri mandi pun relatif lebih gampang ketimbang makan badak berendam. Ada 2 pilihan untuk makan badak berendam. Bisa langsung hap masuk ke dalam mulut sebesar itu tapi agak sulit untuk dikunyah atau dipotong dua dulu baru dimasukan ke dalam mulut. Nah.. kalau makan putri mandi relatif lebih gampang karena ukurannya kecil sehingga bisa langsung dimakan.

Di pontianak, kami menyebutnya doko doko, tapi ada juga yang menyebut roko roko. Biasa disajikan sebagai makanan pembuka puasa. Saya sendiri ga terlalu suka dengan penganan ini soalnya saya ga terlalu suka dengan kuah santannya, jadi makanan yang bersantan santan agak dihindari termasuk kolak.


Saya modifikasi dari resep ibu mertuanya mba syanti dewi

Bahan kulit
300 gram ubi/singkong, kukus, haluskan
200 gram tepung ketan putih
100 gram tepung kanji
pasta pandan secukupnya
air secukupnya

Bahan isi:
200 gram kelapa parut kasar
175 gram gula merah, sisir
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
125 ml air

Bahan kuah :
500 ml santan kental dari 1 biji kelapa
1 helai daun pandan
garam secukupnya

Cara Membuat Kulit:
- Ayak tepung ketan dan tepung kanji, tambahkan ubi kukus.
- Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa diuleni. Tambahkan pasta pandan.
- Ambil adonan dan isi dengan adonan isi bulatkan lalu masukan dalam air yg mendidih, biarkan hingga matang (tandanya bulatan tadi mengapung) angkat.
- Masukan dalam kuah, siap dihidangkan.

Cara Membuat Isi:
- Masak bahan isi sambil diaduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulatan. Sisihkan.

Cara Membuat Kuah:
- Didihkan santan, garam, dan daun pandan sambil terus diaduk searah hingga mendidih, angkat.

1 komentar:

  1. Mantap laaaa... doko doko... sampai temimpi mimpi nak makan kue nie. Yg bikin bede dari kue bugis hanya pada kuah santan;dan itu yg bikin doko doko saya rindukan.

    BalasHapus