Tart Susu

Udah ga musim lagi ya tart susu beredar di dunia perbakingan. Kemaren-kemaren pas lagi booming saya lagi baking blue. Giliran udah ga booming tart susunya, baking bluenya malah sembuh. Saya kali ini nyobain resepnya Mba Enno yang kemaren malang melintang di dunia perbakingan. Udah banyak yang nyobain resepnya juga. Nah... karena kemaren saya ga ada nyatat resepnya, akhirnya saya browsing dan menemukan di blognya mba Fifi Fitriyanto, ada resepnya mba Enno. Saya contek ya mba resepnya.

 

Bahan :
Kulit pie :
200gr Margarin/butter
300gr tepung terigu protein sedang
2sdm air es
1btr kuning telur

Isi :
5btr kuning telur
1btr telur utuh
1kaleng SKM putih
1kaleng air matang (pake kaleng SKM ya..)
Pasta vanilla

Cara membuat :
- Campur margarin/mentega, terigu, telur dan air es aduk dengan garpu sampai berbutir-butir. Tutup plastik, biarkan 10 menit.
- Tipiskan adonan kurang lebih 1/2cm, cetak dengan tutup gelas kemudian letakkan dicetakan pie yang sudah dioles margarin. Lakukan sampai semua adonan habis. Sisihkan.
- Campur semua bahan isi. Aduk rata.
- Tuang bahan isi di kulit pie yang sudah dicetak.
- Oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit, kemudian 150 derajat celcius selama 10 menit. (lamanya tergantung oven masing-masing ya)


Tips didapat dari blognya mba Ina Moulina Fajrin Isra
- Kulit pie/crust bisa dipanggang langsung bersama fillingnya, atau dipanggang dulu sendiri selama 10 menit untuk hasil kulit yang lebih kering. Kalau saya biasanya langsung dipanggang bersamaan. Anda juga bisa menggunakan resep kulit pie/crust favorit Anda yang sudah biasa Anda pakai.
- Sebaiknya gunakan suhu rendah, agar kulit pie/crust bisa matang sempurna tetapi tidak membuat filling menjadi cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
- Patokan lama memanggang terkadang berbeda-beda, sesuai oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama. Jadi, sesuaikan saja ya :)
- Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Filling yang menggembung tinggi, jika dikeluarkan dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut/keriput. Dari rasa tidak ada masalah, hanya saja tampilannya jadi tidak mulus :)
- Perhatikan jika filling terlihat sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Atau jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi suhunya dan lanjutkan memanggang.
- Jumlah kue yang dihasilkan tergantung ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa sedangkan adonan kulit sudah habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan untuk kulit. Atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar