Putu Ayu


Gara-gara liat mba nina agustina posting putu ayu kemaren, akhirnya saya terpikat juga untuk membuat putu ayu. Tadi subuh saya buat putu ayunya. Karena khawatir kelapanya basi, maka kelapanya udah saya kukus duluan malemnya terus taroh di kulkas (beli kelapa pas sore pulang dari toko). Nah.. ketika subuh pas mau buat kue, kelapanya saya kukus lagi.

Resep saya contek dari mba nina, terima kasih ya mba atas resepnya.

Bahan:
250 gram tepung terigu
200 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt emulsifier (misalnya sp, tbm)
100 ml air (bisa diganti air kelapa)
1-2 sdt pasta pandan
1/2 butir kelapa, parut (saya pake 250 gr kelapa parut)
Sejumput garam

Cara membuat:
- Campur kelapa parut dengan garam, aduk rata. Kukus selama kurang lebih 10 menit, Angkat.
- Siapkan cetakan putu ayu, oles dengan minyak goreng.
- Tata kelapa parut di dasar cetakan sambil dipadatkan. Lakukan hingga habis.
- Kocok gula pasir, telur, dan emulsifier hingga benar-benar kental.
- Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
- Setelah buih-buih di adonan berkurang, masukan terigu, kocok rata.
- Masukan pasta pandan, aduk rata.
- Tuang ke dalam cetakan hingga penuh.
- Kukus selama kurang lebih 15 menit.
- Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar