Tau Swan

Kalo di Pontianak, desert ini lebih dikenal dengan nama tau swan. Kalo di Singkawang, lebih dikenal dengan nama bubur gunting. Dinamakan bubur gunting dikarenakan di atas tau swan diberi cha kwe goreng yang dipotong dengan menggunakan gunting, Makanya namanya bubur gunting. Kalo kita cari di google dengan key bubur gunting, maka yang muncul malah beda. Bubur gunting juga makanan khas dari Kalimantan Timur, tapi beda banget isi dan penampakannya. Coba deh cari. Di pontianak gampang banget nyari tau swan. Banyak banget yang jual di tepi jalan (kaki lima maksudnya), tapi yang jual non muslim. Belum ada muslim yang berminat untuk jual tau swan, tapi sudah ada muslim yang jual cha kwe goreng. Dari pada saya ragu makannya, lebih baik buat sendiri.

Suami bilang tau swan maknyus. Dia belum pernah makan sebelumnya. Di area jakarta dan area bekasi ga ada yang jual tau swan (atau dia yang ga tau tempat jualnya kali ya). Intinya kita makan kacang ijo tapi ga pake ampas. Masaknya juga ga selama kacang ijo lho. Kalo kacang ijo kan lebih dominan minum airnya ketimbang kacang ijonya, nah tau swan ini airnya dikit banget dan kental sedangkan isinya yang kita makan. Cobain deh.. euanak..... Oh iya.. kalo jalan-jalan ke pontianak banyak yang jual tau swan. jualnya pagi-pagi sekali dan sore-sore sampe malem. Selamat mencoba ya.


Cara membuatnya saya dapat dari liputan koki cilik ketika mereka di singkawang. Nah.. takarannya saya coba-coba sendiri.

Bahan:
200 gram kacang hijau kupas kulit
150 gram gula pasir
1,5 liter air
1 sdm tepung kanji
daun pandan secukupnya
cha kwe goreng secukupnya -->; saya beli yang sudah jadi, ribet kalo bikin sendiri

Cara Membuat:
- Cuci kacang hijau kupas kulit dengan air bersih
- Kemudian tambahkan air, gunakan api kecil hingga kacang lembut dan matang. Matikan api.
- Beri tambahan gula pasir, aduk sebentar
- Campurkan tepung kanji dengan sedikit air, campur ke dalam kacang hijau yang sudah matang, aduk rata. Hidupkan api kompor, kemudian masak dengan api kecil hingga atasnya meletup letup, Matikan api.
- Tau swan siap dinikmati dalam keadaan hangat. Beri potongan cha kwe goreng di atasnya.

4 komentar:

  1. mbak saya orang pontianak,saya suka ama makanan ini,ampe cari resepnya pingin bikin sendiri,soalnya skrg udah di Jakarta.. jadi agak susah nyarinya,kalo adapun gak sesuai selera,hehehe...
    tempat jualnya ada di pangeran jayakarta tempatnya biasa disebut panca warna,karena lokasinya depan pembuat reklame panca warna :p kalo disunter juga ada...
    o iya,awalnya saya bingung ada pake chai kue,setelah saya liat foto mbak ternyata itu
    Cha kwe,bukan chai kwe/kue sayur ... kalo mbak mau liat gmn chai kwe bisa cari di google
    saya pake resepnya ya mbak,soalnya dah pingin bgt makan tau swan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf balasnya lama sekali. saya ga tahu ada koment. hihihi

      erima kasih atas koreksinya. sudah saya edit jadi cha kwe. soalnya yang jual nulisnya chai kwe goreng. jadilah saya juga menulis yang sama. sama salahnya maksudnya.

      gimana tau swannya? enak kah?

      Hapus
  2. hALO....gemane ye care buat cha kwe...hehehe...

    BalasHapus
  3. Halo juga.
    Saya belum pernah bikin cha kwe sendiri. Jadi belum bisa berbagi resep dan tipsnya.
    Harap dimaklumi.

    BalasHapus