Rich Chocolate Cake

Selamat ulang tahun yang pertama Kirana Agni Margana. Anak bunda yang paling cantik sedang berulang tahun hari ini. Walau kirana belum mengerti dengan yang namanya kue ulang tahun tapi bunda buatkan kue ulang tahun buat kirana. Karena kirana suka coklat, maka bunda buatkan kirana kue coklat. Sampai tulisan ini diposting, kirana belum icip-icip kuenya. Tadi pagi kirana cuma icip coklat wafer pagarnya. Ampe belepotan tangan dan mulutnya makan coklat wafer. hihihi... seneng bunda liatnya.


Sebenarnya ini cuma cake coklat yang disiram ganache. Karena bundanya kirana malas dengan hiasan-hiasan, maka buatnya cuma yang seperti ini. Ketika browsing, ada ngeliat cake yang model seperti ini. Karena tidak terlalu susah makanya saya coba buat seperti ini. Awalnya mo pake fondant, tapi setelah dipikir dan dipertimbangkan tentang fondant, akhirnya saya tetap cinta dengan coklat, dan dibuatlah cake dengan penampakan seperti ini.


Cake dibuat dengan diameter 16 cm, dipagari dengan wafer coklat take it (bunda lagi males soalnya), butuh 8 kantong take it yang isi 4 batang per kantongnya. Sebenarnya cuma butuh 30 wafer coklat aja, sisa kelebihan 2 wafer silakan dinikmati. Saya sarankan untuk pake take it ketimbang kit kat. Soalnya pengalaman ketika membuatnya, saya awalnya cuma beli 5 kantong take it, setelah diukur ternyata butuh 8 kantong, cari dimana-mana ga ada yang jual take it, kebanyakan kit kat maka saya ambil 3 kantong kit kat yang isi 4 batang per kantongnya. Tinggi wafer coklat kit kat sama dengan take it. Yang membedakannya adalah kit kat teramat sangat gampang lumer, baru dipegang dengan tangan udah lumer, sedangkan take it masih tetep bagus coklatnya. Karena udah terlanjur dibeli, akhirnya saya putuskan untuk tetap menggunakan kit kat sebagai selingan. Coba liat di fotonya, ga rapi kan kit katnya. Nah.. untuk tengahnya saya tuangkan saja 2 bungkus coklat cha-cha yang milk chocolate yang ukuran per buahnya 180 gram.

Resep dari Rich Chocolate Cake diambil dari sajian sedap.

Bahan:
275 gram margarin
150 gram gula pasir halus
8 kuning telur
150 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
50 gram cokelat bubuk
1/2 sendok teh baking powder
75 gram dark cooking chocolate
6 putih telur
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh cream of tartar
100 gram gula pasir

Bahan Topping:
300 gram buttercream putih --> saya cuma pake secukupnya saja.
200 ml krim kental
250 gram dark cooking chocolate, dipotong - potong


Cara Membuat :
- Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil dikocok rata.
- Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, cokelat bubuk, baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir. Kocok sampai mengembang.
- Tuang putih telur sedikit ­ sedikit ke dalam kocokan margarin sambil diaduk perlahan.
- Tuang ke loyang bulat diameter 22 cm, tinggi 7 cm yang sudah dialasi kertas dan diolesi margarin. Oven 55 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.--> saya pake yang diameter 16 cm. Sisa adonan dituang ke loyang kecil.
- Oles seluruh permukaan kue dengan buttercream secara merata.Simpan dalam lemari es 30 menit.
- Topping, panaskan krim kental. Matikan api. Masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut.
- Segera siram ke atas permukaan kue yang sudah ditutup buttercream sampai rata.
- Cake siap dihias.

1 komentar: