Kue Jemari Coklat



Edisi share kue lebaran. Dah lamaaaa ga nyentuh peralatan baking. Akhirnya dikuat-kuatkan, pas puasa ternyata masih sanggup buat kue kering walaupun baru mulai abis tarawih, dan selesainya kadang jam 12 kadang juga jam 1 malem. Tapi tetap harus semangat!
Kue ini yang paling jadi favorit bagi tamu di rumah kami. Soalnya kuenya mantep. Sangat recomended!

Diadaptasi dari Yasa Boga dari buku "Terampil Membuat Kue Kering".. Aslinya pake kacang sangrai cincang. Karena saya males pake kacang, ya udah taburi meises aja. Eh.. rupanya malah lebih seger liatnya.

Bahan:
200 gram mentega/margarin (saya pake campuran 100 gram mentega dan 100 gram margarin)
75 gram gula halus
275 gram tepung terigu
1/4 sdt garam
1 sdt vanili
coklat masak secukupnya, tim sampai leleh (untuk satu resep saya pake 150 gr coklat)

Cara Membuat:
- Kocok mentega hingga lembut, masukan gula, kocok lagi, lalu masukan terigu, vanili, dan garam.
- Masukan adonan ke dalam lemari es sekitar 1 jam kemudian giling adonan dan cetak menurut selera. Tata pada loyang yang sudah dialasi kertas roti.
- Panggang sampai matang dan kecoklatan
- Setelah matang, tunggu sampai kue benar-benar dingin baru celup ujungnya dengan coklat yang sudah ditim, taburi meises, biarkan mengeras sebelum disimpan.

Catatan:
- Tim coklatnya setelah kue yang dipanggang dingin.
- Saya ga pake sistem celup karena ngeborosin coklatnya, jadi saya pake spatula untuk mengoles coklatnya ke kue kering. kalo mau pake kuas yang plastik / silikon juga boleh. jangan pake kuas bulu ya ntar nyangkut bulunya ke coklat.
- Setelah ditaburi meises, simpan coklat ke dalam loyang, kemudian bekukan coklatnya ke dalam lemari es sebentar saja hingga coklatnya bisa lepas dari loyangnya. saya pernah coba yang tanpa dimasukin ke kulkas, lama bekunya dan susah ngelepasinnya.
- Jangan khawatir kalau kue bakalan lempem jika dimasukin ke kulkas. Kue saya ga lempem kok. Tapi kalau mau dimasukan ke toples, tunggu udah ga dingin lagi ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar