Lemper Ayam



Akhirnya kesampaian juga tadi subuh buat lemper ayam. Dikota saya udah ga ada lg yang buat isi daging atau lemper. Dimana-mana yang jual isinya serundeng mulu. Jadi ya kalo kepengen lemper ayam ya terpaksa bikin.

Sumber: Kumpulan 52 Resep Populer Sedap

Bahan Kulit:
500 gram beras ketan, rendam 1 jam, angkat - kukus 20 menit
175 ml santan dari 1/2 butir kelapa --> saya pakein santan instant
1 sdt garam
2 lbr daun pandan

Bahan Isi:
400 gram paha ayam utuh
3 lbr daun salam
1 btg serai, ambil putih nya - memarkan
5 lbr daun jeruk, buang tulang nya
1 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
100 ml santan dari 1/2 butir kelapa --> saya pake instant juga
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
3 btr bawang merah
2 siung bawang putih
2 1/2 sdt ketumbar
3 btr kemiri, sangrai

Cara Membuat:
-. Isi: Rebus ayam dalam 300 ml air sampai matang. Angkat. Tiriskan dan ukur 100 ml air kaldu nya. Suwir-suwir ayam.
2. Tumis bumbu halus, daun salam, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tambahkan ayam suwir. Aduk rata. Masukkan air kaldu ayam, santan, garam, dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai meresap.
3. Kulit: Rebus santan, garam dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan beras ketan. Aduk sampai santan meresap. Kukus 30 menit sampai matang.
4. Ambil adonan kulit. Beri isi. Bentuk lonjong sambil dikepal-kepal. Bungkus dengan daun pisang.

Catatan: karena buat makan di rumah saya ga pake daun pisang, saya bentuk pakai alas plastik. Jadi ambil setengah bagian adonan kulit, ratakan di atas plastik. Kemudian lapisi dengan bagian isi. Saya kira-kira berapa cm akan saya potong supaya ketika dipotong, tidak terpotong isinya. Terakhir tutup kembali dengan sisa adonan kulit. Tekan-tekan dengan alas plastik supaya padat, kemudian potong2 sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar