Curry Biscuits


Ngekukis jadul lagi. Masih coba-coba resepnya Ibu Nila Chandra. Kali ini uji coba membuat curry biscuits atau kukis kari.

Baru kali ini saya cobain ngekukis dengan tambahan bubuk kari. Ternyata ketika dipanggang harum sekali aroma karinya. Walau setelah matang dan kukis dingin, aroma kari tersamarkan, kukis menjadi lebih mirip kukis keju daripada kukis kari. Wajar sih, karena memang ada tambahan keju parut. Untuk camilan, tentu saja kukis ini oke banget.

Coba-coba ngefoto kukis yang ga lazim. Lokasi ada di pintu rumah. Karena pintu rumah saya ga umum memiliki dua daun pintu dan juga dua buah gembok di depannya serasa bukan rumah tapi toko. Terus cat pintu-nya mulai berkelupasan berasa rustic gitu (padahal bukan rustic tapi karena memang selama 15 tahun ga pernah dicat ulang dan tiap hari motor keluar masuk dari teras ke dalam rumah jadinya kesengol dan mengelupaslah cat-nya). Saya coba-coba memadukan pintu rumah dengan kukis. Bagaimana kelihatannya? Masikah ala-ala seperti ini disebut food photography?

Resep diambil dari bukunya Joyce Aswan - Kue Kering Ala Nila Chandra.

Bahan:
100 gram mentega / margarin (disarankan full mentega atau setengah bagian mentega dan setengah bagian margarin, jangan full margarin)
1 butir telur ayam
50 gram keju parut
185 gram tepung terigu *
1/2 sdt baking powder (saya ga pake) *
1/2 sdt garam *
1/4 sdt kari bubuk *campur dan ayak

Cara Membuat:
- Kocok mentega / margarin dan telur hingga halus. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit dan keju. Aduk rata.
- Giling adonan setebal 3 mm, cetak bentuk sesuai selera.
- Letakkan potongan adonan dalam loyang yang telah diolesi mentega / margarin. Panggang dengan api sedang (180 C) selama 25 menit hingga matang, angkat. Simpan dalam wadah tertutup setelah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar