Memasak Rendang Ayam Dengan LOCK & LOCK Hard & Light


Rendang adalah salah satu masakan tradisional dari daerah Minangkabau. Masakan ini menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama. Daging yang digunakan bisa daging sapi, daging ayam kampung, atau daging kerbau. Salah satu keunikan rendang adalah rasanya yang pedas. Pada tahun 2011 melalui jajak pendapat oleh 35.000 pembaca yang diadakan oleh CNN menobatkan rendang sebagai salah satu dari 50 masakan terlezat di dunia bersama dengan sate dan nasi goreng. Rendang menempati urutan pertama di urutan tersebut, nasi goreng ada di urutan kedua dan sate ada di urutan ke 14.

Setelah beberapa hari yang lalu kita jajal pan dari LOCK & LOCK Hard & Light untuk membuat kalio ayam, sekarang saya coba untuk membuat rendang ayam. Rendang itu mirip mirip dengan kalio juga. Cuma rendang ada kelapa sangrainya dan bumbunya jadi lebih kering daripada kalio. Karena bumbu mesti dikeringin, jadinya butuh pan yang mantap untuk menyusutkan semua bahan cair di rendang ayam ini. Kalau pan kurang oke, maka yang akan terjadi bumbu nempel di pan, berkerak, dan hangus. Oleh karena itu butuh pan yang oke seperti LOCK & LOCK Hard & Light.

Rendang ayam yang saya bikin ini hanya menggunakan sayap ayam. Pas ada beli sayap ayam ya dimanfaatkan untuk bikin rendang. Cuma kalo sayap mesti sering dibolak balik supaya sayap ayamnya matang merata. Sayap ayam kan besar. Kalau menggunakan bagian tubuh ayam yang lain ga perlu sering dibolak balik.

Resep saya ambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan:
1 ekor ayam, potong 4 bagian (saya menggunakan 6 potong sayap ayam)
1 butir jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
500 ml santan
1 lembar daun kunyit, potong-potong
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
2 buah asam kandis
1/2 butir kelapa parut, sangrai sampai kecoklatan, tumbuk halus

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
20 buah cabai merah keriting
1/2 sdt ketumbar, sangrai
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 sdt garam
Penyedap jika suka (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.
- Larutkan santan dengan bumbu halus. Didihkan bersama daun kunyit, daun salam, daun jeruk, dan asam kandis.
- Tambahkan kelapa sangrai yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
- Masak sampai santan mengental dan berminyak. Masukkan ayam, aduk. Masak sampai ayam matang dan santan agak mengering.

Pan dari LOCK & LOCK Hard & Light ini hampir saya gunakan setiap hari untuk memasak apa saja. Mulai dari tumis sayur, memanggang burger, bikin saus, masak puding, bikin vla, sampai menggoreng ayam atau ikan pun oke banget, pokoknya bisa dipake buat apa aja. Dijamin ga rugi deh jika investasi pan ke LOCK & LOCK Hard & Light. Selama ini saya pakai LOCK & LOCK Hard & Light sangat memuaskan. Ayo segera miliki. Pan keren ini bisa dibeli di http://www.locknlockmall.co.id/ ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar