Tuna Pasta


Tadi siang, saya dan kirana makan tuna pasta. Pernah coba? Enak rupanya...

Kenapa kami tiba-tiba ngepasta? Itu gegara di laptop si unyil kemaren siang menayangkan liputan ke pabriknya La Fonte. Pas acara laptop si unyil, ada liputan membuat makaroni dan spagetthi mentah. Pas liat ada spagetthi di liputan tersebut, kirana pun mulai heboh dari kemaren minta dibuatin spagetthi juga. Akhirnya tadi kita lunch pake spagetthi deh.

Sebenarnya ga harus pake spagetthi juga. Pake pasta apapun boleh-boleh aja.

Harusnya kalau sesuai resep, pakai salmon kalengan, tapi saya belum ketemu salmon kalengan yang dijual di Pontianak. Jadi saya ganti tuna kalengan yang direndam di air garam. Kalau mau beli tuna kalengan, harap lihat-lihat ya di kemasannya. Tuna itu banyak variasinya. Ada yang direndan di larutan garam, minyak zaitun, pedas, dll. Jangan sampai salah pilih. Karena menggunakan tuna, namanya pun diganti menjadi tuna pasta. Resep aslinya dinamakan salmon pasta.

Kalau buat saya pribadi, satu kaleng kecil terlalu banyak untuk 100 gram pasta. Kalau untuk 100 gram pasta dengan rincian bakal jadi 2 piring, setengah kaleng pun sudah cukup kok.

Resep diambil dari bukunya Threes Emir - Aneka Pasta dan Mie.

Bahan:
100 gram spagetthi, rebus hingga matang dan tiriskan (saya rebus selama 7 menit di air yang sudah mendidih, ditambah sedikit minyak dan garam, kemudian angkat, dan rendam dalam air dingin)
2 sdm minyak zaitun
1 buah bawang bombai, cincang
3 siung bawang putih, cincang
1 kaleng kecil tuna, tiriskan
50 gram keju parmesan (saya pakai cheddar)
Garam secukupnya (saya ga pakai, karena tuna sudah asin)
Lada bubuk secukupnya

Cara Membuat:
- Panaskan minyak zaitun di atas wajan, tumis kedua bawang sampai layu dan harum, masukan tuna.
- Masukkan keju parmesan, aduk. Tambahkan lada dan garam.
- Angkat, siramkan di atas pasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar