Klepon Singkong


Konon ceritanya, klepon merupakan jajanan yang dibagikan kepada kerabat atau tetangga agar sembuh dari sakit terutama sakit "udunan" (bisul di bagian pantat). Pembuatan klepon terasa wajib agar bisul cepat pecah seperti perlambang gula merah dalam klepon. Jaman dahulu, klepon disajkan dengan daun pisang yang dibuat seperti mangkok, dalam satu mangkuk disajikan empat buah.

Ini yang kedua kalinya saya bikin kelepon singkong. Kalau di pontianak, kita bilang singkong ini ubi kayu. Ubi kayu ini bahasa melayu. Di malaysia pun singkong juga disebut ubi kayu.

Sebenarnya tidaklah sulit membuat kelepon singkong atau kelepon ubi ini. Kuncinya cuma di singkongnya. Kelepon yang sudah diparut mesti diperas airnya berkali-kali baru kukus dan dihaluskan. Kalau air dari singkong mentah tidak diperas, hasil akhir kue akan terasa pahit.


Resep saya ambil dari bukunya Yuyun Alamsyah dan Rudy Sujanto - Kue Basah dan Jajan Pasar. Di resep ini sebenarnya hanya resep klepon dengan tepung ketan. Karena saya mau ada singkongnya, jadi saya modifikasi dengan mengganti sebagian ketan dengan singkong. Di beberapa resep lain ada yang full singkong. Tapi saya kasihan dengan diri saya sendiri jika harus full singkong. Karena yang menyedihkan dari membuat jajanan berbahan dasar singkong itu memarut singkongnya. Harus perlu tenaga ekstra.

Bahan:
500 gram tepung ketan (saya menggunakan 200 gram tepung ketan dan 300 gram singkong yang sudah diparut, peras, buang airnya, kukus hingga matang)
150 gram gula merah, diserut
2 sdm daun suji sebagai pewarna (saya gunakan 5 lembar daun suji yang dipotong kecil-kecil kemudian diblender dengan 50 ml air, saring, ambil airnya)
1 sdm air kapur sirih (2 sdm kapur dicampur dengan 400 ml air, aduk, lalu biarkan mengendap. Ambil bagian yang bening untuk campuran kue)
Air hangat secukupya
Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat:
- Uleni tepung ketan, singkong, air kapur, air daun suji, dan air sampai kalis dan bisa dipulung. Ambil adonan sebesar kelereng. Bentuk adonan menjadi bulat pipih dan taruh gula di tengahnya. Tutup kembali lalu bentuk bulat sampai gula tertutup adonan klepon. Pulung dan isi dengan gula merah sampai habis (saya timbang tiap adonan @10 gram)
- Siapkan air mendidih dalam kuali, lalu rebus klepon sampai mengapung pertanda klepon sudah cukup matang. Angkat dan tiriskan.
- Siapkan kelapa yang sudah diparut. Sajikan. (kelapa saya kukus dulu dengan sedikit garam)


Kenapa fotonya ada dua versi? Karena saya pertama kali moto pake yang ada susunya, itu difoto kemaren sore. Nah.. udah selesai moto, malemnya baru inget kalo di challengenya YKMK mesti ada teh. Jadinya ya saya poto ulang lagi tadi pagi, itupun terburu-buru motonya. Ga papa ya ada dua versi foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar