Puding Kentang


Puding kentang itu sebenarnya sudah lama wara wiri di teman-teman foodblogger. Tapi saya baru niat mau coba untuk saya bawa di latbar kami kemaren. Latbar kemaren bikin kukis hias. Siapa tahu aja ada teman-teman yang belum pernah kenal puding kentang kan ya. Biar bisa langsung icip icip gitu.

Puding kentang ini enak banget. Teksturnya mirip puding yang menggunakan terigu dan margarin. Tapi sayangnya untuk resep ini harusnya adonan puding dituang di gelas bukan dicetak. Saya cetak dengan cetakan silikon, ketika puding dikeluarkan jadinya ga mulus, ada boncel-boncelnya, padahal pake cetakan silikon. Kalau pake gelas gitu saus coklatnya tinggal dituang di atas puding dan tinggal disendokin aja ketika dimakan.


Resep diambil dari bukunya Laily Romdhijati - Olahan Dari Kentang

Bahan:
200 gram kentang kukus (saya gunakan 50 gram tepung kentang + 150 gram air mendidih)
1 bungkus agar-agar putih
600 ml air
2 butir telur
75 ml susu kental manis (saya pakai 2 sachet SKM)
75 gram gula pasir
1/4 sdt garam

Saus Cokelat:
20 gram cokelat masak (dark cooking chocolate)
50 ml air
200 ml susu cair
1/2 sdm tepung maizena
1 sdm gula pasir
30 gram cokelat bubuk

Cara Membuat:
- Kocok telur, lalu tambahkan susu. Aduk sampai rata. (saya kocok dengan whisk)
- Haluskan kentang yang sudah dikukus dengan blender.
- Rebus bersama agar-agar, gula pasir, dan garam sampai mendidih, angkat.
- Masukkan 2 sendok adonan ke dalam campuran telur dan susu, aduk sampai rata. Kemudian jadikan satu kembali ke dalam campuran agar-agar. Aduk rata. (saya gunakan sendok sayur dan saya ambil agar-agar dalam keadaan hangat bukan panas. Jika dalam keadaan panas, biasanya telur menjadi matang)
- Panaskan kembali agar-agar sampai mendidih.
- Angkat dan tuangkan ke dalam cetakan. Dinginkan.
- Untuk saus cokelat: Potong kecil-kecil cokelat masak, lalu tim bersama 50 ml air sampai meleleh. Masak susu cair, cokelat bubuk, dan gula hingga mendidih. Larutkan tepung maizena dengan sisa susu, kemudian tuang ke dalam cokelat. Masukkan juga cokelat masak yang sudah ditim. Masak terus sampai saus kental. Angkat.
- Hidangkan puding dengan saus cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar