Gerang Asem Be Pasih


Gerang Asem Be Pasih ini adalah masakan khas dari daerah Bali. Unik banget rasa dari masakan ini. Udang, cumi, dan ikan dicampur jadi satu. Baru kali ini nih saya makan seafood yang dicampur aduk seperti ini. Biasanya makan ikan ya ikan aja, atau cumi ya cumi aja, atau udang ya udang aja.

Selama puasa ini mudah-mudahan tetap rajin posting ya. Biarpun cuma posting makanan. Belum sempat bebikinan kue soalnya. Udah duluan cape di toko, apalagi dalam kondisi puasa dan toko sedang ramai-ramainya, jadi tubuh mudah lelah. Kalau udah di rumah, bawaannya mau cepat merem aja. Karena di rumah tanpa asisten jadinya ya masih disempetin masak setelah tarawih. Setelah tarawih??? Iya... Jadi makan malam jam berapa? Hmm bisa jam 21.00 atau jam 21.30. Kok bisa? Karena saya ga terbiasa langsung makan berat ketika berbuka puasa. Ketika berbuka puasa, makan kue dan minum air yang sangat banyak. Pontianak panas cynnn. Benar-benar panas.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
150 gram udang, buang kepalanya
2 ekor (200 gram) cumi, potong 1 cm
200 gram daging ikan kakap / tuna / kuwe / tenggiri - potong dadu 2 cm (saya pakai tenggiri)
10 buah cabai rawit utuh / dimemarkan (saya cuma pakai 2)
4 buah belimbng sayur, potong 2 cm
2 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya, sobek-sobek
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1 sdt gula merah

Bumbu Halus:
5 buah bawang merah
6 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdm kunyit cincang (saya pakai kunyit bubuk)
1 sdm kencur cincang
1 sdm lengkuas cincang
1 sdt terasi
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Dengan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus cabai rawit, dan semua daun sampai harum. Tuangkan 750 ml air, didihkan. Masukkan cumi, kecilkan api setelah mendidih kembali. Masak kurleb 15 menit sampai cumi empuk.
- Besarkan api, tambahkan 200 ml air panas jika kuah berkurang banyak. Masukkan belimbing sayur, ikan, dan udang. Kecilkan api, masak selama 15 menit sampai seluruhnya matang. Beri air asam dan gula merah, aduk, angkat setelah rasa kuah cukup asam. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar