Soto Kediri


Ini perkenalan pertama saya dengan soto kediri. Selama ini belum pernah makan dan belum pernah buat soto kediri. Ini pun hanya sekedar coba-coba saya membuatnya. Kirana itu doyan sekali dengan yang namanya nasi berkuah. Karena beberapa hari ini lagi males makan, makanya soto ini dibuatkan supaya Kirana lahap lagi makannya.

Resep diambil dari bukunya Budi Sutomo - Kumpulan Resep Soto dan Sup. Di resep tidak menambahkan lontong dan tauge, tapi saya tambahkan lontong dan tauge sebagai tambahan penyajian.

Bahan:
750 gram dada ayam
2500 ml air
3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 cm jahe, bakar
4 cm kunyit, bakar (saya gunakan kunyit bubuk)
3 butir kemiri, sangrai
1 cm kencur
2 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt lada butir, sangrai (saya gunakan lada bubuk)
2 sdt garam

4 cm lengkuas, memarkan
3 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
500 ml santan

Pelengkap:
50 gram soun, seduh air panas, tiriskan
4 butir telur rebus, belah menjadi 4 bagian (saya bagi 2 bagian)
2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm seledri, iris halus
2 sdm bawang goreng
Sambal cabai merah

Cara Membuat:
- Rebus ayam dalam air mendidih hingga empuk. Angkat dan potong-potong daging ayam seukuran dadu. Sisihkan kaldunya. (saya rebus ayam dengan ditambah sedikit garam, kemudian saya suir)
- Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk, masak hingga harum.
- Tuang tumisan bumbu ke dalam kaldu, masak hingga mendidih. Masukkan santan, aduk hingga mendidih. Angkat.
- Siapkan mangkuk saji. Atur soun, potongan daging ayam, dan telur rebus dalam mangkuk saji. Tuang kuah soto, taburkan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Sajikan dengan sambal cabai merah sebagai pelengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar