Cheese Crackers


Nah.. ini adalah kuker pertama yang saya buat untuk lebaran kali ini. Biasanya saya selalu buat ketika 14 hari ramadhan, tapi berhubung saya masih ada kerjaan yang tertunda (saya belum ngoreksi berkas uas mahasiswa dan berkasnya juga baru diambil hari ini) jadi tadi malam saya mencoba untuk memulai bikin kukernya lebih awal, sebagai pemanasan aja dulu. Rencananya saya mau buat 6 kuker. Mudah-mudahan saja bisa terealiasi.

Kali ini saya membuat cheese crackers, memang untuk kuker lebaran kali ini saya niatin untuk membuat kuker yang belum pernah saya buat sebelumnya. Cheese crackers rasanya ya hampir sama dengan kastengel. Kata teman-teman sih rasanya mirip kuenya Ina Cookies, karena saya ga pernah makan kuenya Ina Cookies, jadi saya ga bisa ngebandingin sendiri. Kuenya enak banget, sangat ngeju, langsung hancur di dalam mulut dan sangat rapuh. Enak lah pokoknya. Cuma sayangnya ga terlalu tercium wangi butter. Mungkin kalau yang mau nyoba resep ini bisa menambahkan lebih banyak butter dan mengurangi margarinnya. Tapi dengan resep yang asli pun sebenarnya udah enak kok, percayalah...


Resep saya ambil dari file BKR. Resep ini diberikan ketika ada demo masak yang diselenggarakan oleh Unilever.

Bahan I :
50 gram butter
250 gram margarin
10 gr gula halus
4 kuning telur rebus

Bahan II :
350 gram terigu protein sedang
50 gram mashed potato (saya gunakan tepung kentang yang dikasi air panas)
150 gram keju edam parut

Cara Membuat :
- Kocok sampai lembut butter, margarin, dan gula halus. Kemudian tambahkan kuning telur rebus aduk rata dengan spatula.
- Masukkan tepung terigu protein sedang, mashed potato, dan keju edam parut, aduk rata dengan garpu.
- Simpan adonan dikulkas sambil ditutup plastik selama 30 menit. Keluarkan sebagian adonan, roll tipis dan potong atau cetak sesuai selera.
- Poles kuning telur dan taburi keju cheddar parut, oven sampai matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar