Bolu Gulung Kukus

  

Postingan terakhir sebelum puasa. Tadi pagi saya sempatkan untuk membuat bolu gulung kukus. Ayah kirana hari ini udah puasa sedangkan saya belum puasa. Jadi bolu kukus gulung ini sekalian dijadikan takjil berbuka puasa untuk ayah kirana. Sebenarnya saya penasaran aja dengan bolu kukus mambonya ncc. Saya penasaran apakah resep itu bisa digulung atau tidak. Ternyata bisa digulung sodara-sodara. Hasilnya mulus dan cakep sekali. Ini kali ketiga saya membuat bolu gulung versi kukus. Walau sudah beberapa kali membuat gulung-gulungan, tetap saja sebelum menggulung selalu berdebar-debar. Senang aja rasanya bisa menggulung dengan cantik.

Resep di bawah ini adalah satu resep. Tadi saya coba membuat 1/2 resep dan dijadikan 2 loyang ukuran 20x20. Sepertinya ketipisan. Mungkin lebih baik jika 1 resep dijadikan 3 loyang supaya hasilnya lebih cantik lagi.

Resep diambil dari buku NCC yang 60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal

Bahan:
6 butir telur utuh
2 butir kuning telur
250 gram gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt cake emulsifier
175 ml santan kental
200 gram tepung terigu protein sedang
Pasta / pewarna sesuai selera

Cara Membuat:
- Siapkan 2 buah loyang 20x20x4 cm, poles margarin, beri alas kertas roti (kertas roti juga menutupi bagian dinding loyang), di kertas roti tidak perlu dioles lagi dengan margarin.
- Panaskan dandang kukusan, tutupi tutup dandang dengan kain lebar, biarkan beruap banyak.
- Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
- Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
- Timbang adonan menjadi 4 bagian. 2 bagian dibiarkan putih masukan ke dalam 2 piping bag, 2 bagian diberi warna dan dimasukan ke dalam 2 piping bag.
- Ambil satu piping bag berwarna putih semprotkan ke dalam loyang Kemudian ambil satu piping bag berwarna lain dan semprotkan ke dalam loyang. Semprotkan berselang seling. Bisa dengan cara semprot putih - warna - putih - warna sampai adonan habis atau dengan cara menyemprotkan adonan putih - kosong - putih - kosong, nanti bagian yang kosong baru disemprotkan adonan warna.(mudah-mudahan mengerti dengan penjelasan saya)
- Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat. Dalam keadaan hangat keluarkan dari loyang, buang kertas roti yang menempel di kue.
- Ambil selembar kertas roti dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran kue. Taruh bolu kukus di atas kertas roti dengan bagian bawah kue berada di atas. Olesi dengan isian (bisa selai apa aja, buttercream, ganache, atau apa aja), Gulung, rapatkan, dan bungkus bolu kukus gulung dengan kertas roti yang tadi digunakan untuk menggulung, biarkan dingin di dalam kertas roti. Setelah dingin, potong-potong. Sajikan
- Lakukan hal yang sama dengan loyang kedua.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar