Pizza Tortilla


Alhamdulilah bisa setor PR di hari pertama penyetoran. Saya buat pizza tortilla ini sudah lama sekali, dibuatnya pada 1 April kemaren. Saking semangatnya dapet PR dengan tema Homemade Tortilla Flour, makanya waktu awal-awal pengumuman, langsung saya buat. Langsung habis juga tortillanya dengan cepat. Bahkan putri mungil saya juga suka dengan kulit tortilla.

Kulit tortilla ini saya buat dengan cara sesat akibat ga sanggup ngerolling adonan dan ngebuletin dengan benar. Harusnya diroll sekali keatas, sekali kebawah, geser 45 derajat, roll lagi keatas, kebawah, geser lagi 45 derajat sampai membulat. Nah.. fungsi rolling saya gantikan dengan ampia / pasta maker / noddle maker, saya giling hingga tipis baru dicetak menggunakan mangkuk / piring. Makanya untuk base pizza, tortilanya bisa tipis begini.


Resep untuk kulit tortilla saya ambil dari milisnya ncc
Bahan:
2 cups tepung terigu protein rendah atau sedang
2 sdm baking powder
1 sdt garam halus
2 sdt minyak sayur
3/4 cup susu hangat

Cara Membuat:
- Campur terigu dan baking powder didalam mangkuk, ayak, sisihkan.
- Kocok garam, minyak sayur dan susu menggunakan whisk hingga tercampur rata.
- Masukan campuran susu ke dalam tepung, aduk menggunakan tangan hingga adonan tercampur rata dan kalis. Tutup adonan menggunakan lap basah selama 30 menit.
- Bagi adonan menjadi 7-8 bagian, bentuk seperti bola. Taruh adonan di loyang persegi, beri jarak di antara tiap adonan. Diamkan selama 25 menit.
- Panaskan griddle atau teflon tanpa minyak.
- Taburin meja dengan tepung, gilas adonan menggunakan rolling pin. (saya menggunakan cara sesat dengan menipiskan adonan menggunakan ampia, terus dicetak dengan menggunakan mangkuk).
- Masak kulit tortilla yang sudah dibulatkan di atas teflon tanpa minyak, lakukan hingga semua adonan habis.

Catatan:
Kulit tortilla yang sudah matang bisa disimpan di dalam freezer. Jangan lupa untuk menyelipkan plastik di antara tiap kulit tortilla yang akan dibekukan supaya kulit tortilla tidak rusak dan gampang untuk dikeluarkan. Setelah didiamkan di suhu ruang, bisa dipanggang lagi di dalam oven atau dipanggang langsung di atas teflon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar