Wingko Kismis Keju


Tantangan dari LBT kali ini adalah membuat wingko.Saya belum pernah membuat wingko, menyicipinya pun entah kapan terakhir kalinya, mungkin 20 tahun yang lalu (lama yak). Di pontianak ga ada yang jual wingko, jadi ga bisa beli, juga ga ada yang pernah kasi saya oleh-oleh wingko. Beberapa bulan yang lalu, kalo ga salah sebelum puasa, ada yang menjajakan kue ke toko saya. Yang jual orang padang, si bapak penjual kue bilang namanya kue kelapa, setelah dicicipi rasanya kok mirip wingko, tapi bentuknya ga beraturan dan besar. Dari bentuk dan aromanya sepertinya dibakar diatas arang pake panggangan sate.


Resep saya dapat dari buku resep tante saya.

Bahan:
300 gram kelapa parut yang putih, kukus sekitar 15 menit, dinginkan
150 gr tepung ketan putih
1 sdm tepung sagu tani
100 gram gula pasir
1 kotak keju, potong dadu seukuran 0,5 cm
100 gram kismis
1 butir kuning telur
1 sdm mentega / margarin
vanili secukupnya

Cara membuat:
- Aduk rata dengan sendok kelapa parut, tepung ketan, tepung sagu, gula pasir, keju, dan kismis.
.- Tambahkan kuning telur, mentega/margarin. dan vanili, aduk rata dengan tangan hingga tercampur rata.
- Cetak sesuai selera. Kalau saya mencetaknya dengan menggunakan cutter kue kering, saya padatkan kemudian keluarkan dan siap dipanggang menggunakan teflon yang sudah diberi sedikit margarin. Wingko harus sering dibolak balik supaya matangnya bagus. Wingko siap dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar