Brandy Snaps

Maaf ya host telat dua hari ngumpulin brandy snapsnya. Kemaren saya keluar kota selama beberapa hari dan baru sampai hari ini. Jadi baru hari ini bisa dikumpulin. Sebenarnya buatnya udah lama sekali. Buatnya pada saat hari tugas diumumkan, nah.. malemnya udah dipraktekin tugasnya. Tapi ngumpulinnya tetep sering telat. Maaf….

Brandy snaps saya malah mirip pangsit, hehehe… Udah ditekuk ke cetakan muffin yang oval, tapi malah ga mau terlalu nekuk. Kalo ditekan keras malah pecah, terlalu kering kali ya. Tetep enak untuk dinikmati dalam bentuk apapun. Brandy snaps ini juga bisa dimakan tanpa tambahan apapun.


Resep didapat dari Mary Berry

Bahan:
50 g Butter
50 g Gula
50 g Golden Syrup / Symple syrup
50 g Plain Flour ( Tepung serba guna )
1/2 sdt Jahe bubuk
 
Caranya :
1. Panaskan Oven 160°C.
2. Timbang butter, gula dan golden syrup, masukkan kedalam panci dan taruh diatas api kecil. Secara perlahan di aduk terus hingga gula meleleh dan tercampur rata. Angkat dan diamkan sebentar.
3. Ayak tepung dan jahe bubuk, masukkan langsung ke dalam panci, aduk sebentar hingga tercampur rata.
4. Sendokkan secukupnya adonan ke atas loyang.
5. Panggang sekitar 6 - 8 menit, hingga adonan berwarna kecokelatan. Angkat dari Oven dan diamkan hangat, angkat menggunakan pisau tipis, balikan dan gulung di atas pegangan sendok kayu yang sudah di olesi tipis mentega atau minyak. Diamkan di dalam suhu ruangan hingga adonan dingin.
6. Siap di beri isi dengan whipped cream atau lainnya sesuai selera.

Tips :
- Jangan dilelehkan di atas api besar dan terlalu lama di aduk hingga adonan menjadi keras (kristal).
- Loyang kue kering tidak perlu diolesi apapun. Dalam satu loyang jangan terlalu banyak menuang adonan. Di satu loyang cukup untuk 4 brady snaps saja.
- Dalam banyak kasus, banyak brandy snaps yang lengket di loyang. Jadi sebaiknya menggunakan loyang anti lengket atau loyang silicon. Tapi kalo ga ada, pake loyang biasa pun bisa. Asalkan ketika diangkat brandy snapsnya sudah berminyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar