Ayam Masak Cabai Hijau


Ayam cabe hijau ini rasanya nendang banget. Cabenya mantep. Jadi ga perlu lagi bikin sambel. Baru kali ini nyobain ayam yang dicabein hijau gini. Saya doyan sekali dengan ayam cabe hijau ini.

Saya membuatnya agak berbeda. Ayam tetep saya ungkep terlebih dahulu baru digoreng lalu dimasak dengan cabe. Saya ga mau kalau ayamnya masih ada darahnya, makanya ayamnya harus diungkep.

Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 12 bagian
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu:
15 bh cabe hijau besar
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buahh tomat hijau, potong-potong (saya gunakan tomat merah)
1 sdt garam
1 sdt gula
4 lembar daun jeruk purut
100 ml minyak, untuk menumis

Cara membuat:
- Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit, kemudian cuci, goreng. dan sisihkan.
- Kukus cabe hijau, haluskan agak kasar bersama bawang merah dan bawang putih.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bersama tomat dan daun jeruk purut hingga harum. Bubuhi garam dan gula pasir, aduk.
- Masukkan ayam, aduk rata. Angkat, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar